Ini Sembilan Program Pengembangan SDM NU di NTB

0
Suasana kegiatan upgrading pengembangan sumber daya manusia NU dan rapat kerja tahunan, Sabtu-Minggu 29 Februari-1 Maret 2020 bertempat di Mejlis tak’lim Al Hidayatul Munawarah pimpinan TGH Muhammad Husni, Dusun Rumeneng Desa Paok Motong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur
Foto : Suasana kegiatan upgrading pengembangan sumber daya manusia NU dan rapat kerja tahunan, Sabtu-Minggu 29 Februari-1 Maret 2020 bertempat di Mejlis tak’lim Al Hidayatul Munawarah pimpinan TGH Muhammad Husni, Dusun Rumeneng Desa Paok Motong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur (MetroNTB/Hms)

Lombok Timur, MetroNTB.com – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Nusa Tenggara Barat (Lakpesdam PWNU NTB) menggelar kegiatan upgrading pengembangan sumber daya manusia NU dan rapat kerja tahunan, Sabtu-Minggu 29 Februari-1 Maret 2020 bertempat di Mejlis tak’lim Al Hidayatul Munawarah pimpinan TGH Muhammad Husni, Dusun Rumeneng Desa Paok Motong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan dihadiri Pengurus PWNU Provinsi NTB, Ketua PCNU Lombok Timur beserta pengurus, Pengurus LAKPESDAM PCNU se-Pulau Lombok, perwakilan lembaga dan badan otonom NU, sespuh NU Kecamatan Masbagik, tokoh agama dan tokoh masyarakat Dusun Rumeneng.

“Kegiatan upgrading pengembangan sumberdaya manusia NU dilaksanakan dalam rangka menguatkan pemahaman dan pengetahuan jajaran pengurus Lakpesdam NU terkait tugas, fungsi dan kewenangan yang diemban. Sehingga dalam menjalankan program dan kegiatan bisa on the trek dan mempercepat pengembangan NU dalam konteks amaliyah, fikrah maupun harakah,” ujar Ketua Lakpesdam NU NTB, Muhammad Jayadi

“Sedangkan rapat kerja dimaksudkan untuk merumuskan dan menyepakati rencana kerja Lakpesdam PWNU tahun 2020,” kata demikian Jay sapaan akrabnya

Pengurus Wilayah NU Provinsi NTB, Dr. Jumarim, MHi dalam sambutannya meminta pengurus Lakpesdam NU dalam menjalankan tugas dan fungsinya menekankan pentingnya berjamaah dalam berjam’iyah (mendorong dan menjadikan warga teroganisir) dan berjam’iyyah dengan berjamaah (menguatkan soliditas organisasi).

“Langkah ini belum dilakukan oleh pengurus NU, maka untuk memajukan NU di NTB,” cetusnya

Menurutnya, Lakpesdam NU harus bekerjasama dan meningkatkan kekompakan baik dengan jamaah maupun dengan lembaga dan banom NU serta pihak lainnya diluar NU.

Foto : Pemberian plakat NU kepada PWNU NTB dan tokoh NU Lombok Timur (MetroNTB/Ist)
Foto : Foto : Pemberian plakat NU kepada PWNU NTB dan tokoh NU Lombok Timur (MetroNTB/Ist)

“Sehingga terbina sinergi dan kerjasama dalam mengembangkan jamaah maupun jam’iyyah,” kata Jumarim

Rapat kerja tahunan menyepakati semiblan (9) rencana program pengembangan NU oleh Lakpesdam PWNU NTB diantaranya, pertama penguatan dan penataan kelembagaan berupa restrukturisasi dan melengkapi fasilitas kantor.

Kedua penguatan kaderisasi baik kader struktural, kader keulamaan, kader penggerak, kader fungsional dan kader profesional. Ketiga kajian dan penelitian.

Keempat advokasi kebijakan public pengarustamaan isu disabilitas. Kelima pengembangan usaha dan ekonomi. Keenam penguatan toleransi dan upaya deradikalisasi. Ketujuh pengembangan media dan teknologi. Kedelapan pemberdayaan politik warga dan Sembilan penyusunan indicator NU sehat.

Pemasangan plang NU di Desa Paok Motong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur (MetroNTB/Ist)
Foto : Pemasangan plang NU di Desa Paok Motong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur (MetroNTB/Ist)

Selain kegiatan upgrading dan rapat kerja, Lakpesdam PWNU NTB juga memfasilitasi pembentukan ranting NU Desa Paok Motong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Barat yang ditandai dengan pemberian plakat NU serta pemasangan plang NU (red)

Comments

comments