Gelar Diskusi Publik, Logis Soroti Pengelolaan BUMD Di NTB

0
Para pembicara diskusi publik yang digagas oleh Logis anggota DPRD NTB PDI Perjuangan, Ruslan Turmudzi, Dosen Fakultas Hukum Unram, Dr Lalu Wira, Dosen Fakultas Ekonomi Unram, Dr Firmansyah dan Ketua Informasi Publik (KIP) NTB Hendriadi, Kamis 13 Februari 2020 (MetroNTB/Mn)
Foto : Para pembicara diskusi publik yang digagas oleh Logis anggota DPRD NTB PDI Perjuangan, Ruslan Turmudzi, Dosen Fakultas Hukum Unram, Dr Lalu Wira, Dosen Fakultas Ekonomi Unram, Dr Firmansyah dan Ketua Informasi Publik (KIP) NTB Hendriadi, Kamis 13 Februari 2020 (MetroNTB/Mn)

Mataram, MetroNTB.com – Lombok Global Institut (Logis) menggelar diskusi publik dengan tema ‘BUMD Sakit, Apa Obatnya?’ di Café Palma Kota Mataram, Kamis 13 Februari 2020

Hadir sebagai pembicara dalam diskusi yang digagas oleh Logis anggota DPRD NTB PDI Perjuangan, Ruslan Turmudzi, Dosen Fakultas Hukum Unram, Dr Lalu Wira, Dosen Fakultas Ekonomi Unram, Dr Firmansyah dan Ketua Informasi Publik (KIP) NTB Hendriadi.

Direktur Logis Muhammad Fihirudin mengatakan sakitnya BUMD di NTB disebabkan oleh management SDM yang tidak profesional.

“Logis mendorong reformasi tata kelola dengan tetap tunduk pada aturan rekrutmen yang sudah ada,” ujarnya

Selain itu, menurutnya aturan hukum masih perlu disempurnakan agar tidak menyalahi kaidah peraturan perundang-undangan. Khusunya terkiat dengan BPR di NTB.

“Aset BUMD banyak yang tidak produktif karena management bisnis masih perlu difokuskan dan lebih profesional,” kata Fihir

“Pengelolaan BUMD sering kali diintervensi oleh kepentingan elit politik. Oleh sebab itu, Logis mengingatkan agar BUMD dikelola tanpa intervensi politik,” cetusnya

Sementara, Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi NTB Hendriadi mengingatkan bahwa membangun kepercayaan publik management BUMD harus transparan membuka masyarakat.

“BUMD jangan takut dengan transparasi. Akibat tidak adanya transparansi pengelolaan BUMD masyarakat apatis dan tidak percaya kepada BUMD tersebut,” tuturnya

Salah satu peserta, Ketua Kasta NTB Lalu Wink Haris mengungkapkan bahwa selama ini BUMD menjadi beban daerah.

“BUMD kita tidak pernah memberikan hasil, tapi tetap saja dipelihara dan disupport setiap tahun,” ungkapnya

Ditambahkannya, posisi pimpinan BUMD tidak berkuasa penuh dan banyak intervensi elit politik. (red)

Comments

comments