Ini Analisa Pengamat Terkait Peluang Koalisi Pilkada Kota Mataram

0
114
Keterangan Foto : Mantan Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori sekaligus Calon terkuat Sekertaris PWNU NTB (MetroNTB/Istimewa)

Mataram, MetroNTB.com – Pengamat Politik sekaligus mantan Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori mengungkapkan analisa peluang koalisi Pilkada Kota Mataram 2020.

Menurutnya, pertarungan antara Mohan selaku petahana vs Selly di Pilkada Kota Mataram ditambah satu pasangan calon lain. Satu calon lain diluar Mohan dan Selly akan muncul kalau Walikota Mataram Ahyar Abduh pecah kongsi dengan Mohan.

“Kemungkinan Selly melalui koalisi PDIP dan Mohan dengan kolisi Golkar. Dan akan ada paslon lain, tergantung apakah Gerindra atau PKS akan buat koalisi lain atau justru akan bergabung ke koalisi yang sudah ada,” ujar Aksar di Mataram, Selasa 10 Desember 2019.

“Tergantung juga, apakah Ahda yang merupakan putra Ahyar Abduh akan jadi wakilnya Mohan atau akan jadi koalisi baru,” kata Aksar

Lebih lanjut Aksar menyampaikan bahwa, Ahda lebih berpeluang menjadi wakil Mohan. Akan tetapi kalau tidak, maka akan ada koalisi baru.

“Selly – Ahda agak sulit terwujud, paling mungkin Mohan-Ahda, tapi kalau tidak, akan ada lagi pasangan dengan wakilnya Ahda,” urainya

Aksar berharap Makmur Said mengambil jalur parpol dibanding independen karena peluang lolos melalui jalur independen di Kota Mataram sangat kecil.

“Peluang melalui jalur independen di pilkada Kota Mataram sangat kecil, lebih baik pakai jalur parpol,” kata Aksar menambahkan (red)

Comments

comments