Pengamat : Jalur Independen Bukan Pilihan Yang Aman

0
149
Foto : Mantan Ketua KPU NTB sekaligus Sekretaris PWNU NTB Lalu Aksar Ansori (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Pengamat Politik sekaligus mantan Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori menilai menggunakan jalur independen dalam Pilkada Kota Mataram 2020 bukanlah pilihan yang aman.

“Jalur independen dalam Pilkada Kota Mataram bukan pilihan yang aman,” ujar Aksar di Mataram, Selasa 10 Desember 2019.

Aksar menjelaskan argumennya terkait hal tersebut. Pertama, dalam sejarah Pilkada langsung, belum pernah ada yang berani menggunakan jalur independen di Kota Mataram.

“Pada Pilgub 2018 Ali BD-Gde Sakti mengalami kesulitan dalam menyediakan berkas dukungan di Kota Mataram dan bahkan minim dukungan, berdasarkan hasil verifikasi faktual,” terang Aksar

Ketiga, lanjutnya bila berhadapan dengan petahana yang relatif memiliki infrastruktur politik yang mapan, dari birokrasi hingga RT/RW dan Kepala Lingkungan, maka bakal calon independen akan mengalami kendala dalam mengkawal dukungan di tingkat bawah apabila tidak memiliki tim yang solid dan terorganisir.

“Saya meyakini, jika ada bakal calon yang memilih jalur independen di Kota Mataram, kemungkinan lolosnya sangat kecil,” ungkap Sekretaris Wilayah PWNU NTB ini (red)

Comments

comments