Maknai Hari Pahlawan Sebagai Spirit Untuk Bangkit Bangun Daerah

0
55
Wakil Gubernur NTB, Dr Sitti Rohmi Djalilah saat memanajatkan do'a di Kompleks Makam Pahlawan RI TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Pancor, Lombok Timur, Minggu 10 November 2019.
Foto : Wakil Gubernur NTB, Dr Sitti Rohmi Djalilah saat memanajatkan do'a di Kompleks Makam Pahlawan RI TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Pancor, Lombok Timur, Minggu 10 November 2019 (MetroNTB/Kom)

Lombok Timur, MetroNTB.com – Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah mengajak masyarakat dan generasi muda NTB untuk memaknai Hari Pahlawan sebagai spirit untuk bangkit berjuang membangun daerah dengan cara masa kini. Yakni dengan cara kreatif dan semangat inovatif.

Menurutnya, perjuangan para pahlawan dulu dengan komitmen memerdekakan bangsa dari kolonial penjajah kini telah usai.

“Saatnya kita memegang estafet perjuangan dengan cara kita sendiri,” ujar Rohmi usai upacara tabur bunga di Kompleks Makam Pahlawan RI TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Pancor, Lombok Timur,  Minggu 10 November 2019.

Ia mengingatkan agar jangan sampai hari bersejarah ini tidak dimanfaatkan sebagai momentum untuk berkreasi serta berinovasi dengan cara masing-masing dalam upaya bersama membangun daerah, bangsa dan negara.

“Salah satu cara untuk memaknai hari pahlawan, maka kita bisa meneladani  Pahlawan Nasional TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid,” imbuhnya

Diungkapkannya, sepanjang usianya beliau mendedikasikan diri bagi agama nusa dan bangsa melalui pendidikan.

“Dan banyak lagi contoh-contoh baik dari pahlawan nasional yang perlu kita teladani,” kata Rohmi

“Ingat apa yang dilakukan pahlawan TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, semasa hidupnya sangat gigih dalam membangun agama dan bangsa melalui madrasah- madrasah yang didirikannya,” lanjutnya

Menurut orang nomor dua di NTB ini, sosok kegigihan Maulanasyaikh harus dijiwai dan menjadi pedoman oleh siapapun.

“Jangan menjadi generasi lemah, jadilah generasi yang tahan banting, kuat dalam menapaki setiap langkah perjuangan,” cetusnya

Serangkaian peringatan hari pahlawan ke 74 tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi NTB menggelar upacara peringatan di sejumlah tempat sekaligus. Diantaranya di Taman Makam Pahlawan Mataram di Majeluk, Pelabuhan Lembar dan Tabur Bunga di Laut serta Upacara Bendera di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB di Mataram.

Usai upacara, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah menyerahkan bingkisan kepada 64 orang veteran pejuang sebagai wujud apresiasi dan penghargaan atas jasa-jasa perjuangan dan pengabdiannya yang cukup besar bagi kemajuan daerah, nusa dan bangsa.

Kemudian dilanjutkan ziarah makam ke Makam Pahlawan RI TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di Pancor, Lombok Timur, dipimpin Wakil Gubernur Dr Hj Siti Rohmi Djalilah.

Turut hadir dalam acara tersebut Mantan Gubernur NTB dua periode, Dr TGB Muhammad Zainul Majdi, Bupati Lombok Timur, H Sukiman Azmy,unsur TNI-Polri, Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemprov NTB serta santri dan santriwati dilingkungan Yayasan pendidikan Nahdlatul Wathan pancor (red)

Comments

comments