Wagub Ajak Perguruan Tinggi Aktif Tangkal Paham Khilafah Di Kampus

0
54
Foto : Kepala Kesbangpoldagri NTB Drs H Lalu Syafi’i saat membacakan sambutan Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah pada acara diskusi publik dengan tema “Aspek hukum pelarangan khilafah anti Pancasila di lembaga pendidikan” ang diselenggarakan DPC Ikatan Advokat Indonesia Kota Mataram, Rabu, 2 Oktober 2019 (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah mengajak seluruh elemen perguruan tinggi berperan aktif menangkal  berkembangnya faham-faham khilafah di kampus. Salah satu contohnya yang menjadi fenomena adalah jaring Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang memang terlahir dari lembaga pendidikan kampus.

“Paham khilafah saat ini telah masuk sedemikian masif dan terorganisir ke dalam berbagai institusi pendidikan, baik melalui kampus maupun aktivitas akademis lainnya,” ujar Wagub melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Kesbangpoldagri NTB Drs H Lalu Syafi’i pada acara diskusi publik dengan tema “Aspek hukum pelarangan khilafah anti Pancasila di lembaga pendidikan” ang diselenggarakan DPC Ikatan Advokat Indonesia Kota Mataram, Rabu, 2 Oktober 2019.

Dikatannya, gerakan yang memperjuangkan paham khilafah ini, mulai tumbuh subur khususnya di kampus-kampus sejak reformasi bergulir.

“Seiring dengan terbukanya era kebebasan berorganisasi, di mana atas nama kebebasan tersebut, organisasi ini bisa bebas menyebarluaskan ideologinya,” katanya

Mereka memaknai semangat gerakannya untuk memurnikan ajaran agama Islam. Namun dengan versi mereka sendiri malah menyebarkan eksklusivitas atas nama agama

“Sementara, kita berkaca pada sejarah, negara kita yang plural ini didirikan oleh para pendahulu bangsa dalam keadaaan beragama latar belakang suku, agama, ras dan antargolongan,” terang Wagub

“Dan untuk mengakomodir keberagaman tersebut, lahirlah Pancasila sebagai ideologi bangsa yang menjadi sebuah kesepakatan bersama antar founding father kita,” katanya menambahkan (red)

Comments

comments