Ketum Dekranas Dorong UKM Pengrajin NTB Bisa Bersaing Ditingkat Global

0
52
Foto : Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj. Mufidah Jusuf Kalla saat meninjau stand Dekranasda NTB, Rabu 14 Agustus 2019 (MetroNTB/Hms)

Mataram, MetroNTB.com – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj. Mufidah Jusuf Kalla mendorong UKM pengrajin NTB untuk bisa bersaing ditingkat internasional.

“Persaingan regional maupun internasional tentunya sangat ketat, maka diperlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong para UKM pengrajin agar lebih giat lagi dan bersaing di pasaran,” ujarnya saat meresmikan Balai Kriya Dekranasda NTB.

Dikatannya, pengrajin yang skala usahanya kecil dan menengah yang memiliki keterbatasan dari segi pemasaran, permodalan, dan manajemen usaha.

“Maka diperlukan sinergi dari berbagai pihak untuk melakukan upaya pembinaan dan pengembangan usaha pengrajin dalam mengatasi berbagai kelemahan dan permasalahan dihadapi oleh pengrajin,” katanya

Mufidah berharap Kantor Dekranasda yang baru diresmikan dapat sekaligus sebagai galeri untuk membantu pemasaran hasil produk para UKM pengrajin dan dapat menunjang sektor pariwisata khususnya dalam penyediaan souvenir.

“Manfaatkan teknologi untuk mempromosikan melalui website dan semakin berperan dalam kemajuan bangsa melalui pengembangan dan pembinaan produk kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat yang membanggakan,” imbuhnya

Ditambahkannya, dengan mengikuti trend pasar yang sedang berlaku dapat pula dengan membuka website yang telah dimiliki oleh Dekranasda.

“Tidak kalah pentingnya juga agar Dekranasda NTB memanfaatkan pemasaran online, baik secara mandiri atau melalui market place seperti buka lapak dan shopee dan lainnya,” pungkasnya (red)

Comments

comments