Disdag Prediksikan Harga Cabai Akan Naik Hingga September

0
77
Foto : Kepala dinas Perdagangan NTB Hj Putu Selly Andayani (MetroNTB/Ariyati)

Mataram, MetroNTB.com – Harga Cabai Merah mengalami kenaikan menjadi 60 ribu per kilogram di Pasar Kebon Roek Mataram, Jum’at 12 Juli 2019.

Salah seorang penjual cabai di Pasar Kebon Roek Mataram, Saniati mengatakan, harga cabai merah kini tembus Rp 60.00 per kilogram naik dari harga normalnya yakni Rp 35 ribu per kilogram.

“Cabai merah sekarang Rp 60.00 per kilo, biasanya Rp 35.000 per kilo. Jika yang (cabai) jumbo merah sekarang juga Rp 60.000 per kilo juga,” ungkapnya

Dikatakannya, kenaikan harga cabai sudah berlangsung selama satu Minggu.
Harga cabai tidak pernah bisa ditebak. Sebab, banyak faktor yang bisa menaik atau menurunkan harga cabai.

Menanggapi hal tersebut, Kepala dinas Perdagangan Hj. Putu Selly Andayani membenarkan harga Cabai Merah di pasar mencapai 60 ribu/ kilonya.

“Harga cabai saat ini sudah mencapai 60 ribu, kemarin tim perdagangan sudah turun ke sentra cabai di Lombok Timur, memang saat ini sedang Masa tanam cabai, nanti bulan Agustus-September panen 20 hektare,” kata Selly

Cabai merupakan tanaman musiman. Jadi harus menunggu panen dulu untuk stoknya.

“Saat ini kemarau panjang, saya minta juga sudah ke Jawa Timur dan Sulawesi. Disana juga langka justru lebih mahal  harga cabai di sana daripada di Lombok,” tuturnya

Saat ini, lanjutnya, Lombok Timur mampu produksi sampai 1 Ton dan itu yang diedarkan di NTB tidak diedarkan keluar.

Selly memprediksikan kenaikan ini tidak akn berlangsung Lama karena di bulan agustus dn september Nanti adalah musim panen jadi stok akan melimpah.

‘Prediksi kenaikan ini hanya di bulan ini saja, Agustus- september sudah mulai turun, karena ini murni akibat cuaca,” pungkasnya (red)

Comments

comments