Gubernur Ajak Warga NTB Tidak Panik Sikapi Hasil Penelitian Soal Gempa

0
92
Foto : Gubernur NTB H Zulkieflimansyah saat Jumpa Pers menanggapi hasil penelitian salah satu peneliti asal Amerika mengenai adanya potensi bencana gempa bumi di sejumlah daerah di Indonesia, Kamis malam 4 Juli 2019 (MetroNTB/Said)

Mataram, MetroNTB.com – Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah mengajak warga NTB tidak panik berlebihan dan khawatir menyikapi hasil penelitian ilmiah soal potensi gempa di Selatan Lombok.

“Bencana bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Melainkan dihadapi dengan persiapan dan mitigasi yang matang,” ujarnya menanggapi hasil penelitian salah satu peneliti asal Amerika mengenai adanya potensi bencana gempa bumi di sejumlah daerah di Indonesia, Kamis malam 4 Juli 2019

“Jangankan gempa, kiamat pun ada yang memprediksi tahun depan. Artinya, kita harus menyerap informasi dengan baik agar tidak salah dalam menanggapi suatu informasi yang belum tentu benar terjadi,” kata Doktor Zul sapaan akrabnya

Sementara, Kepala BMKG Mataram, Agus Riyanto, menjelaskan bahwa hasil penelitian pakar gempa bumi dari Amerika, Prof. Rown Haris, dilakukan dengan mengukur jejak-jejak tsunami pada masa lampau bersama tim dan BMKG pada tahun 2012. Penelusuran ini dilakukan dengan menyisir pantai di selatan Lombok, Bali hingga Banyuwangi.

“Kajian-kajian ini memberikan pelajaran kepada kita saat ini untuk selalu waspada tentang potensi tsunami. Itu poin yang disampaikan dari profesor, dan juga yang dimaksud dengan selatan Lombok itu bukan Lombok Selatan, tapi selatan Jawa dan sampai ke NTB  itu pertemuan garis lempeng besar,” terangnya (red)

Comments

comments