Tingkatkan Peran Pemuda Majukan Ekonomi, Generasi Milenial NTB Gelar Pelatihan Digital Marketing

0
60

Mataram, MetroNTB.com – Untuk meningkatkan peran aktif pemuda memajukan perekonomian NTB, Generasi Milenial NTB menggelar pelatihan Digital Marketing bersama Google Gapura. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Islamic Center, Kota Mataram, Selasa 23 Juni 2019.

Ketua panitia pelaksana sekaligus Ketua Aliansi Tionghoa Muda Peduli (ATAP) NTB, Lianto mengungkapkan pelaksanaan kegiatan ini didasari karena melihat keberadaan anak muda NTB yang cukup banyak dengan berbagai latar belakang pendidikan, agam dan suku.

“Anak muda NTB masih terlihat konsumtif serta masih kurangnya kretaifitas wirausaha. Era revolisi industri 4.0 mau tidak mau anak muda NTB harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi sebagai bagian dr peluang wirausaha,” ujarnya

Menurutnya, adanya potensi lokal dari berbagai aspek d NTB yang belum terpublikasi, dipromosikan dan belum diketahui oleh masyarakat baik nasional maupun internasional, sehingga anak mudalah yang harus kreatif dan terus berinovasi mengembangkan keterampilan wirausahanya.

“NTB punya potensi yang sangat luar biasa untuk dapat dipasarkan kepada masyarakat dunia,” kata Lianto

 

Ia berharapan kegiatan ini bisa membangun kesadaran kolektif generasi muda untuk mengasah keterampial wirausaha dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Tentu dengan mengedepankan kearifan lokal yang ada. Mendorong anak muda untuk menjadi wirausahawan yang tangguh, produktif serta membangun kolektifitas dan kebersamaan dalam rangka untuk saling menopang dan menguatkan,” cetusnya

Ia juga berharap kepada pemerintah Provinsi, Kab/Kota untuk dapat memberikan ruang kepada generasi milenial, baik dari kebijakan daerah maupun dalam penguatan strategi dan modal usaha.

Dalam kata sambutan yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram Lalu Martawang, Wali Kota Mataram Ahyar Abduh menyampaikan bahwa program pelatihan digital markiting merupakan sebuah program pelatihan untuk pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) yang diharapkan untuk dapat memanfaatkan internet dalam menjalankan bisnisnya.

“Hal ini tentu sejalan dengan keinginan pemerintah Republik Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbaik di Asia Tenggara,” katanya.

Ahyar mengatakan posisi UMKM sebagai kelompok ekonomi yang dikenal paling stabil, termasuk saat terjadi gejolak ekonomi.

Sementara disisi lain, era digital sangat berpengaruh besar pada ranah bisnis di Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya Kota Mataram dimana perkembangan bisnis melalui dunia maya mengalami perkembangan yang pesat.

“InsyaAllah, kegiatan ini bisa membantu meningkatkan UMKM di Kota Mataram untuk dapat bersaing didalam revolusi industri 4.0. Apalagi saat ini lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi serta menemukan produk dan tempat tempat baru sehingga ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat baik,” tutur Ahyar Abduh, Wali Kota Mataram.

Dalam kegiatan tersebut, juga diputarkan video dukungan dan motivasi Gubernur NTB. Selain itu juga, Direktur CV 88 Darminto Jap juga memberikan wajengan agar para pelaku UMKM jangan cepat mengeluh dan terus berusaha membuat inovasi agar tetap dapat bertahan dan berkembang.

Turut hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut diantaranya Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram Lalu Martawang, Ketua PWNU NTB Prof Masnun, Rektor Universitas NU NTB Baiq Muliyanah serta Ketua Aliansi Muda Nusa Tenggara Barat Lianto, Direktur CV 88 Darminto serta ketua OKP dan Ormas se NTB. (Red)

Comments

comments