Program Beasiswa Ke Luar Negeri, Banjir Peminat

0
107
Foto : Direktur Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB, Irwan Rahadi (tengah) (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Direktur Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB, Irwan Rahadi mengatakan antusiasme masyarakat terhadap program unggulan Beasiswa Luar Negeri  NTB Gemilang, sangatlah tinggi.

“Tidak hanya dari sisi banyaknya pendaftar tetapi juga keingintahuan masyarakat terkait sumber dana, pengelolaan, proses seleksi hingga jenis beasiswa yang ditawarkan,” ujarnya

Didampingi Divisi Kerjasama Imanuella Andilolo, dan Sekretaris Lembaga, Sri Astuty, Irwan menegaskan bahwa sumber dana dari program beasiswa ini sama sekali tidak menggunakan dana APBD.

“Tetapi murni bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR) atau sumbangan sosial perusahaan serta bantuan dari para donatur yang peduli dengan peningkatan kualitas SDM NTB melalui pendidikan,” tegasnya

Penggunaan dana CSR, lanjutnya, untuk menjalankan sebuah program pemerintah memang sudah lazim dilakukan. Seperti dilakukan mantan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) yang menggunakan dana CSR untuk revitalisasi Kalijodo di Jakarta atau Walikota Bandung, Ridwan Kamil yang dikenal kerap berburu dana CSR hingga ke luar negeri untuk mempercepat realisasi suatu proyek.

Kini pasangan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Hj Siti Rohmi Djalilah kembali mengikuti jejak penggunaan  bantuan dari para donatur dan Dana CSR tersebut untuk mewujudkan salah satu janji kampanye mengirim 1000 pemuda NTB Belajar ke Luar Negeri.

LPP NTB sebagai lembaga pengelola beasiswa ini dibentuk pertama kali sebelum padangan Zul-Rohmi resmi dilantik sebagai Gubernur -Wakil Gubernur NTB. Namun Akte lembaga disahkan pada bulan Februari 2019.

“Disusul penandatangan MOU dengan Pemerintah Provinsi NTB sebagai pelaksana program di bulan berikutnya,” terangnya

Saat ini LPP NTB memiliki tujuh pegawai dengan struktur Direktur Lembaga, Sekretaris, Bendahara Umum, Divisi Kerjasama, Divisi Pelatihan, Divisi Fundraising dan Humas. (Red)

Comments

comments