Wujudkan “NTB Cerdas” Literasi Digital Terus Dioptimalkan

0
98
Foto : Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip NTB, Dr Manggaukang Raba bersama Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip NTB, Manggaukang Raba mengatakan, mengoptimalkan literasi digital merupakan salah satu program unggulan dalam RPJMD NTB 2019-2023 untuk mewujudkan masyarakat NTB yang sehat dan cerdas.

“Hal ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat NTB. Secara nasional kita masih berada pada ranking 31dari 34 Privinsi se-indonesia,” ujarnya

Dikatakannya, padahal data nasional penggunaan internet (media digital) menunjukkan bahwa NTB merupakan salah satu daerah di indonesia yang masyarakatnya sangat gemar dan aktif menggunakan media sosial.

“Karenanya, kami terus meningkatkan  literasi digital masyarakat melalui berbagai program digitalisasi,” kata Manggaukang

Salah satu diantaranya, lanjutnya adalah menjadikan Perpustakaan Daerah  (Pusda) NTB sebagai pusat layanan berbasis digital

“Seperti layanan deposit, layanan referensi, story telling, hingga perpustakaan keliling,” sebut Manggaukang

Ditambahkannya, berbagai lomba untuk meningkatkan minat masyarakat, seperti aneka lomba menulis, lomba story telling, lomba mendongeng, hingga lomba mewarnai untuk anak-anak.

Literasi digital sendiri sesungguhnya merupakan kemampuan masyarakat untuk dapat menerima dan memahami beragam informasi yang berkembang pesat di era digital ini secara bijak.

“Kemudian dapat mengambil manfaat positif dari informasi itu sebagai ilmu pengetahuan, sehingga terwujud masyarakat cerdas dan mampu berpartisipasi secara efektif dalam berbagai aktivitas pembangunan bangsa,” kata Manggaukang menambahkan (red)

Comments

comments