Pusda NTB Masih Kekurangan Komputer

0
62
Foto : Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip NTB, Dr Manggaukang Raba bersama Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Perpustakaan Daerah (Pusda) Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai pusat layanan berbasis digital kekurangan komputer.

“Data statistik sektoral Dinas Komunikasi dan Statiktik Provinsi NTB, merilis bahwa Pusda NTB, hingga tahun 2018 memiliki 5 unit komputer yang dapat digunakan masyarakat umum untuk mengakses internet,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip NTB, Dr Manggaukang Raba

Sementara jumlah pengguna internet dari tahun 2015 hingga tahun 2018 sejumlah 98.218 pengguna.

“Jumlah masyarakat yang mengunjungi perpustakasn sebanyak 100.027 pengunjung,” tutur Manggaukang

Tetapi diluar itu, lanjutnya masih terdapat banyak pengunjung yang belum sempat didaftar dalam buku registrasi. Sementara itu jumlah buku terdaftar yang dimiliki sebanyak 54.521.

Dikatannya, Pusda NTB sendiri sejak tahun 2017 telah memiliki Online Public Access Catalog atau Katalog Online. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat untuk mencari ketersediaan bacaan yang diinginkan secara online dari mana saja.

“Sayangnya, aplikasi online ini hanya setahun setelahnya hanya dapat diakses secara offline di dalam Gedung Pusda NTB,” keluhnya

Sehingga kedepan Pusda NTB akan menjadi satu-satunya perpustkaan terbesar di NTB ini sebagai rujukan literasi digital.

“Semakin majunya literasi digital kemudian diharapkan dapat memajukan minat baca masyarakat NTB sehingga Misi Gubernur untuk menjadikan NTB Sehat dan Cerdas demi terwujudnya Masyarakat NTB yang berdaya saing dapat tercapai,” kata Manggaukang menambahkan (red)

Comments

comments