Dirlantas Polda NTB Akan Berlakukan Tes Psikologi Untuk Pembuatan SIM

0
277
Foto : Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso (kiri) saat memberikan keterangan pers, Senin 17 Juni 2019 (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) akan memberlakukan tes psikologi bagi pemohon pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di wilayah hukum Polda NTB.

“Kita akan mulai berlakukan pada 24 Juni mendatang untuk pulau Lombok dan untuk pulau Sumbawa akan menyusul,” ujar Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso, Senin malam 17 Juni 2019.

Ia menjelaskan bahwa tes psikologi sebagai syarat pembuatan SIMĀ  merupakan amanah undang-undang dan peraturan Kepala Kepolisian RI Nomor 9 tahun 2012 Surat Izin Mengemudi tes psikologi digunakan untuk mengecek kesehatan rohani.

“Diharapkan dengan tes psikologi ini akan bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas. Pada tahun 2018 data Dirlantas Polda NTB mencatat 500 orang korban kecelakaan lalu lintas,” tutur Kombes Amin

Ditambahkannya, tes psikologi saat ini hanya di lakukan di Polres Mataram. Untuk Polres lain akan menyusul.

“Untuk tes psikologi ini di luar biaya pembuatan sim reguler pemohon SIM akan di kenakan biaya 75 ribu,” katanya menambahkan (Mn/Ar)

Comments

comments