Rakor Kasubbag Humas Kanwil Kemenag Se Indonesia Tahun 2019

0
155

Mataram, MetroNTB.com -Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H  Nasruddin menugaskan Kasubbag Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat Suherman untuk menghadiri Rakor Kehumasan Bidang Pengawasan Tingkat Kanwil 2019 di Hotel Santika Depok Jakarta Barat, Senin dinihari 14 Mei 2019

“Pak Kakanwil NTB berharap pelaksanaan Rakor tesebut bisa menghasilkan hal-hal positif untuk lebih baik dan terus lebih baik dalam memberikan informasi dan pelayanan,” ujar Kasubag Humas Kanwil NTB saat dikonfirmasi via telpon.

Kegiatan Rakor di buka oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI. Prof. Dr. H M Nurkholis Setiawan. Dalam kesempatan tersebut, Sekjen berharap kepada seluruh Humas Kanwil untuk siap tanggap dalam semua hal.

Lebih lanjut, Sekjen menyampaikan dua hal penting. Dua hal penting tersebut pertama konten dan kedua kemasan. Humas harus bisa menyampaikan informasi yang utuh supaya tidak di salah fahami oleh masyarakat.

Pada Rakernas yang lalu Kementerian Agama RI telah mencanangkan program “moderasi agama. Kalau tidak di sampaikan dengan konten-konten yang baik dan dikemas sedemikian rupa bisa membuat kesalahfahaman,” kata Suherman mengutip pesan Sekjen

“Jadi Humas harus mampu memilih konten keagamaan yang tepat untuk menyampaikan kepada masyarakat,” ujarnya

Sekjen mencontohkan bagaiman program produk halal dan wisata halal  kalau konten dan kemasan kurang tepat bisa di anggap ada produk haram dan wisata haram.

“Atmosfer media soaial tidak ada satupun yang bisa membendung dan menghalangi. Oleh sebab itu Humas harus mampu memanfaatkan medsos.

“Semakin banyak ruang di medsos diisi oleh kegiatan Kementerian Agama, maka semakin cepat informasi dan pesan pesan keagamaan bisa mewarnai kehidupan masyarakat,” cetusnya

Selain itu, Humas harus bisa menciptakan integritas data dan pelayanan Kementerian Agama tidak lagi mengunakan menejmen konvensional.

“Itulah sebabnya Kanwil se-indonesi sudah ada PTSP pelayanan terpadu satu pintu agar pelayanan masyarakat bisa dilaksanakan dengan cepat Dan tepat,” imbuhnya

ia berharap humas harus mampu dan siap menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi dan data.

“Humas dituntut untuk lebih cepat beradaptasi dan memahami segala hal di Kementerian Agama,” kata Sekjen menambahkan (Mn/Ar)

Comments

comments