Bupati Lobar Minta Guru Terapkan Pendidikan Berbasis Digital

0
206
Foto : Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid saat menjadi Inspektur Upacara Hardiknas 2 Mei 2019 (MetroNTB/Hms)

Lombok Barat, MetroNTB.com – Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid selaku Inspektur Upacara mengingatkan para guru untuk bersiap menghadapi hadirnya Revolusi Industri 4.0.

“Kehadiran Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat telah mempengaruhi cara hidup, bekerja, dan belajar masyarakat,” katanya dihadapan ratusan peserta upacara di halaman Kantor Bupati Lobar, Kamis 2 Mei 2019

Menurutnya, revolusi tersebut telah mempengaruhi cara berpikir dan berperilaku serta karakter para peserta didik yang didominasi oleh Generasi Z. Mereka terlahir di era digital dengan pesatnya teknologi informasi sehingga lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru.

“Untuk itu para guru dan pihak sekolah diminta agar dapat memanfaatkan potensi oara murid tersebut,” imbuhnya

“Guru harus menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan empat sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan,” kata Fauzan

Selain itu dalam amanat tersebut, Mendikbud meminta agar Pemerintah Daerah lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBN untuk penguatan SDM.

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pada pembangunan sumberdaya manusia itu sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,” pesannya. (Red)

Comments

comments