Kodim Sumbawa Tetap Fokus Bantu Bulog Sergab Pada Musim Panen

0
96

Kodim Sumbawa Tetap Fokus Bantu Bulog Sergab Pada Musim Panen

Sumbawa, MetroNTB.com – Babinsa Batu Tring Koramil 1607-08/Moyo Utara Koptu Gunawan proaktif membantu kelompok tani yang ada di desa binaannya dalam berswasembada pangan.

Saat ini sudah memasuki musim penan, Koptu Gunawan ikut mendampingi para petani panen padi di Desa Batu Tring Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa, Rabu (10/4).

Danramil 1607-8/Moyo Hulu Kapten Inf Triono BW. menyampaikan satuan Koramil sebagai ujung tombak satuan teritorial di wilayah harus melakukan pembinaan bukan hanya di bidang keamanan namun juga dibidang pertahanan salah satunya ketahanan dibidang pangan.

“Para Babinsa selain melaksanakan tugas pokoknya yang tertuang dalam lima kemapuan teritorial, juga melakukan upaya-upaya lain seperti melakukan pendampingan terhadap para petani untuk menjawab target pemerintah dalam berswasembada pangan,” ujarnya.

menurut Triono, terkait dengan pertanian, Koramil secara berkala melaporkan kepada satuan tingkat atas melalui staf teritorial sesuai laporan para Babinsa dilapangan sehingga selalu terpantau oleh pimpinan maupun Dinas Pertanian hingga ke tingkat pusat.

Terpisah, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., disela-sela kesibukannya menyampaikan bahwa tahun ini Bulog melalui Sub Devre Bulog yang ada di Sumbawa akan melakukan penyerapan gabah petani sebanyak 43.800 ton dan dari pihak Bulog maupun Mabes TNI AD juga sangat konsen dengan ini.

Terkait dengan itu, sambung Dandim Alumni Akmil 2000 tersebut, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah untuk memenuhi target yang dibutuhkan Sub Devre Bulog bersama Dinas Pertanian dengan terus melakukan pemantauan dan pendampingan di lapangan oleh para Babinsa sehingga hasil panen dapat diketahui secara real di tingkat petani saat panen.

“Untuk itu, para Babinsa jajaran Kodim Sumbawa selain melaksanakan tugas pokok, juga melaksanakan pemantauan dan pendampingan dibidang pertanian dalam rangka membantu pemerintah untuk berswasembada pangan sehingga target Bulog tercapai dalam penyerapan gabah petani khususnya di Sumbawa,” pungkasnya.

Comments

comments