Omega Unram Gelar Lomba Tingkat SD dan SMP se Kota Mataram

Para juara terlihat memegang piagamnya.

Mataram,MetroNTB.Com-Olimpiade Matematika Gamatika (OMEGA) 2019 yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Matematika (GAMATIKA) FMIPA Universitas Mataram berjalan dengan baik.

OMEGA kali ini diadakan pada Minggu (31/03/2019) bertempat di Fakultas MIPA Universitas Mataram. Kegiatan ini dilakukan untuk tingkat SD/MI/Sederajat dan tingkat SMP/MTs/Sederajat se Kota Mataram.

Adapun rangkaian acaranya adalah pembukaan, pengerjaan soal, hiburan, dan pengumuman juara. Kegiatan OMEGA ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unram.

Pengerjaan soal berlangsung selama kurang lebih 190 menit. Adapun jumlah pesertanya adalah 82 orang untuk SD dan 73 orang untuk SMP. Kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan yang diisi dengan games dan riddle. Lalu pembagian sertifikat peserta dan pengumuman juara. Pengumuman juara dimulai dengan juara 1-3 untuk tingkat SMP kemudian juara 1-3 untuk tingkat SD.
Muhammad Rafsah yang merupakan juara satu pada lomba Omega kali ini menyampaikan bahwa tidak harus menunggu ada lomba baru belajar, tetapi juga harus terus di biasakan sampai kapan pun.

“Kalau bisa sih jangan nunggu ada lomba baru belajar, tapi setiap saat kita belajar. Pisau itu semakin diasah semakin tajam. Semakin sering kita belajar ya kita semakin pintar dan semakin terlatih. Dan juga doa. Karena kalau usaha tanpa dia gak akan bisa” Ungkap Muhammad Rafsia, juara 1 OMEGA tingkat l SMP.

“Soal yang paling susah itu soal tentang deret geometri tak hingga. Cuma itu soalnya harus dibuat jadi bagus biar bisa dikerjakan dengan mudah,”Joshua, yang juga juara dalam OMEGA tingkat SMP.

Selain Joshua, Joylin, Adiknya juga mendapat juara 1 OMEGA tingkat SD. Satu-satunya perempuan yang mendapat juara pada OMEGA tahun ini.

“Saya emang biasa mengerjakan soal-soal olimpiade, saya kerjain soal olimpiade yang kemarin, jadi karena terbiasa kerjain soal dan kebetulan ada konsepnya yang sama jadi bisa” kata Joylin.

Ternyata Rafsia, Gregori, Joshua, dan Joylin ketahui sudah saling mengenal sejak awal semester genap yang lalu.

“Kan ibunya Joshua buka bimbel, nah saya sama Gregori ikut disana. Dan kalau Alithea ngadain lomba kita ikut” kata Rafsia.

Untuk diketahui bahwa kegiatan Omega ini dilaksanakan setiap tahunnya di Kampus Universitas Mataram.