PLN Siap Dukung Pelaksanaan UNBK Di NTB

PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Praya meminta Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah untuk melanjutkan penertiban Penerang Jalan Umum (PJU) di sejumlah tempat
Foto : Petugas PLN saat memperbaiki kelistrikan di pulau Lombok (MetroNTB/Humas PLN)

Mataram, MetroNTB.com – PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) siap mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2019.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat, Rudi Purnomoloka menjelaskan bahwa PLN telah melakukan pemeliharaan jaringan sebelum pelaksanaan UNBK untuk mencegah terjadinya gangguan aliran listrik. PLN juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi NTB terkait persiapan UNBK.

“Prinsipnya kami akan siap menjaga pasokan listrik. Pemeliharaan kami tiadakan selama pelaksanaan UNBK. Kami berharap dalam UNBK nanti berjalan lancar tanpa ada gangguan apapun. Mudah-mudahan adik-adik yang melaksanakan UNBK dapat fokus mengerjakan soal ujiannya,” katanya

Sementara dari sisi pasokan daya, jelasnya, saat ini sistem kelistrikan Lombok memiliki daya mampu sebesar 244 Megawatt (MW), dengan beban puncak siang sebesar 176 MW.

Sistem kelistrikan Sumbawa memiliki daya mampu sebesar 88 MW, dengan beban puncak siang sebesar 34 MW. Sistem kelistrikan Bima memiliki daya mampu sebesar 65 MW, dengan beban puncak siang sebesar 32 MW.

“Meskipun pasokan daya cukup, PLN tetap akan menyiagakan 502 personil pelayanan teknik selama pelaksanaan UNBK untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Rudi

Selain itu, PLN juga akan melakukan gelar pasukan dan peralatan kerja untuk mengecek kesiapan personil yang siaga dalam menghadapi pelaksanaan UNBK.

“Terkadang ada hal-hal yang tidak kita duga, misalnya cuaca ekstrem, atau ada pohon tumbang, tentu ini akan menyebabkan padam listrik. Oleh karena itu kita siapkan personil pelayanan teknik supaya bisa menangani dengan cepat,” cetusnya

Rudi juga mengimbau kepada sekolah-sekolah untuk mengadakan uji coba seluruh alat elektronik dan instalasi listrik yang akan digunakan selama pelaksanaan UNBK. Hal ini dilakukan untuk mengecek kecukupan daya listrik pada gedung sekolah.

“Kami mengimbau sekolah yang menjadi lokasi kegiatan UNBK agar menyiapkan genset untuk cadangan supply listrik jika terjadi gangguan agar kenyamanan siswa dalam melaksanakan UNBK tetap terjaga,” imbuhnya (Red)