Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Relasi KPU Lotim Door to Door

Relawan Demokrasi KPU Lombok Timur saat turun sosialisasi pemilu april 2019.

Mataram,MetroNTB.Com-Relawan Demokrasi Komisi Penilihan Umum bidang keagamaan dan Marginal Kabupaten Lombok Timur terus melakukan sosialisasi bagi masyarakat melalui dor to dor guna meningkatkan partisipasi pemilih pemilihan umum pada rabu 17 april mendatang.

Kali ini Relasi KPU bidang keagamaan Lombok Timur turun di desa Aik Leong Kecamatan Pringgasela Lombok Timur, (23/03/19).

Salah satu Relasi Komisi Pemilihan Umum Lombok Timur Muhammad Jaelani menerangkan bahwa dor to dor adalah salah satu cara Relasi KPU untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman masyarakat.

Menurutnya, dengan dilakukannya pendidikan pemilih dengan cara pintu ke pintu membuat masyarakat bawah memahami cara memilih yang baik dan benar, sehingga hak suaranya beguna bagi keberlangsungan demokrasi di indonesia.

“Dengan kami turun ke bawah, dari pintu ke pintu, ternyata masih banyak masyarakat yang belum tahu kapan memilih, bagaimana cara memilih dan berapa jumlah kertas suara yang akan dipilih nantinya. Alhamdulillah dengan kami turun ini mereka paham bagaimana cara memilih pada pemilu april mendatang dengan baik dan benar,”ungkap pria yang juga Wakil Sekretatis PW IPNU NTB ini.

Dengan jumlah surat suara yang begitu banyak tambah pria asal AikMel ini, itu membingungkan masyarakat akar rumput. Bahkan ada juga yang tidak mau menggunakan hak pilihnya karena tidak tahu dan tidak berani masuk Hox.

“Ada juga masyarakat karena ketidak tahuannya, membuat dirinya golput. Sehingga kami dari Relasi KPU Lombok Timur terus gencar turun ke lapangan memberikan pendidikan pemilih,”terangnya. (Jk/M9)