Wagub NTB Dorong Setiap Desa Bentuk Bank Sampah

0
130
Foto : Wakil Gubernur NTB, Dr Sitti Rohmi Djalilah (MetroNTB/Humas)

Mataram, MetroNTB.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendorong setiap Desa/Kelurahan di NTB membentuk Bank Sampah sesuai dengan program NTB “Zero Waste” yang menjadi program unggulan pemerintah daerah NTB.

“Kedepannyan setiap desa dan kelurahan diharapkan memiliki Bank Sampah,” ujar Wakil Gubernur NTB, Dr Sitti Rohmi Djalilah, usai menghadiri Rapat bersama seluruh pimpinan OPD Lingkup Pemprov NTB, kemarin (4/3)

Rohmi mengatakan, biaya 25 juta untuk pembentukan bank sampah sangat kecil dibandingkan dana desa yang diterima desa yakni 1,9 M sampai 3,3 M.

Ia mencontohkan, Desa Dasan Lekong Lombok Timur yang menganggarkan 300 juta untuk pembentukan Bank Sampah di desanya.

“Kita berharap semua desa bisa mencontoh Desa Dasan Lekong,” tutur Rohmi

Dikatannya, hal yang perlu dilakukan adalah bagaimana mengubah dan membuka mindset pemikiran kepala desa ini bahwa bank sampah ini sangat penting di NTB.

”Jadi 25 juta itu sangat kecil untuk pembentukan bank sampah, yang perlu kita dilakukan adalah bagaimana membuka pemikiran kepala desa bahwa bank sampah ini sangat penting di NTB,” cetusnya

“Jumlah Bank Sampah di NTB masih sangat kurang dibandingkan jumlah jumlah desa di NTB dan volume sampah yang dihasilkan setiap hari,” kata Rohmi menambahkan (Red)

Comments

comments