Irzani Dorong Kesiapan SDM NTB Sambut International Sport Tourism

0

Mataram, MetroNTB.com – Penetapan Sirkuit Mandalika di KEK Mandalika Lombok Tengah sebagai lokasi seri MotoGP 2021 mendatang dinilai sebagai peluang sekaligus tantangan.

Calon Anggota DPD RI Nomor Urut 30, H Irzani menilai Lombok sebagai destinasi wisata unggulan nasional akan melejit promosinya hingga ke seluruh dunia.

“Saya mendorong masyarakat dan pelaku wisata di Lombok dan NTB secara umum harus mulai membangun Sumber Daya Manusia (SDM),” ujar Irzani, Sabtu (2/3)

Peningkatan kapasitas dan penguatan sumber daya manusia (SDM) kepariwisatan di daerah ini menjadi sebuah keniscayaan yang harus dilakukan dengan terukur dan segera.


“Selain berlomba dengan waktu untuk membangun sirkuit MotoGP 2021, kita juga harus mulai terpacu membangun SDM menyambut event international sport tourism itu. Ini harus segera dilakukan,” kata Irzani

Irzani mengaku bangga dengan keberadaan Poli Teknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Lombok di Lombok Tengah, yang sudah diresmikan dan
ke depan akan melahirkan SDM berkualitas di bidang pariwisata.

“Saya mengapresiasi Pemprov NTB yang sudah memberikan keringanan pembiayaan kepada para mahasiswa Poltekpar Lombok dengan skema beasiswa penuh,” tuturnya

Irzani menambahkan, ini masih belum bisa mengakselerasi ketersediaan SDM Pariwisata jika dibanding dengan percepatan pertumbuhan pariwisata Lombok pasca MotoGP 2021 mendatang.

“Sehingga selain memacu Poltekpar Lombok, harus ada upaya-upaya lain. Misalnya dengan pelatihan dan peningkatan kapasitas Pokdarwis di desatinasi wisata yang melibatkan stakehloders atau organisasi kepariwisataan,” kata Irzani menambahkan (Red)

Comments

comments