Perkuat Kerjasama, Gubenur NTB Kunjungi KBRI Di Malaysia

0
138

Kuala Lumpur, MetroNTB.com – Dalam rangka memperkuat kerjasama, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Malaysia di Kuala Lumpur, dan bersilaturrahim dengan Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana, bersama istri dan sejumlah Kepala OPD Pemprov NTB, Senin

Dalam kunjungan kerja kali ini, Bang Zul sapaan akrabnya mendiskusikan sejumlah hal dengan Dubes Rusdi Kirana. Diantaranya, upaya membuka pintu kerjasama bidang pendidikan terkait program beasiswa 1000 pelajar NTB ke luar negeri, adalah salah satu fokus perbincangan.

“Pendidikan menjadi perhatian utama kami saat ini. Setelah berhasil mengirimkan 46 mahasiswa S2 ke tiga universitas di Polandia pada bulan Oktober 2018 dan pertengahan Februari 2019 lalu, kami juga ingin mengirimkan pelajar melanjutkan jenjang S2 di Malaysia” papar Bang Zul.

Dikatannya, ikatan kesamaan dan kedekatan antara Malaysia dan Indonesia, menjadi salah satu dasar kerja sama bidang pendidikan.

“Begitu juga fasilitas pendidikan seperti perpustakaan dan laboratorium yang lengkap di sejumlah kampus ternama di Malaysia,” ujarnya

Dubes RI untuk Malasyia Rusdi Kirana menyambut baik niat Gubenur NTB tersebut. KBRI di Malaysia akan menjembatani antara Pemprov NTB dengan kampus-kampus di Malaysia yang potensial menyediakan kuota beasiswa bagi mahasiswa dari luar Malaysia.

“Saya sangat gembira dan mendukung program beasiswa 1000 mahasiswa NTB ke luar negeri. Kami akan memfasilitasi dan menghubungkan antara universitas di sini dengan Pemprov NTB,” kata Rusdi

Menurut Rusdi yang juga pendiri dan pemilik maskapai Lion Group, selain beasiswa di kampus-kampus Malaysia, program yang bisa direalisasikan adalah pendidikan aviasi atau penerbangan.

“Akan kami bantu supaya bisa sekolah di Malaysia setahun untuk teorinya, kemudian lanjut 2 tahun kerja praktik di pusat perawatan pesawat dan fasitas penerbangan Lion Group di Batam. Sudah ada anak TKI yang berprestasi, kami sekolahkan model seperti itu hingga akhirnya jadi pilot,” tutur Rusdi (Red)

Comments

comments