Irzani : Optimalisasi BUMDes Untuk Maksimalkan Potensi Ekonomi Desa

0
83

Mataram, MetroNTB.com – Calon Anggota DPD RI No urut 30 H Irzani menyatakan sektor pertanian dan pariwisata menjadi dua unggulan Pemprov NTB yang dikembangkan sebagai prioritas dalam strategi pembangunan daerah.

“Sektor pertanian dan pariwisata harus membawa dampak dan manfaat bagi masyarakat perekonomian pedesaan,” ujarnya, Selasa (26/2)

Menurutnya, potensi di dua sektor ini punya banyak aspek dimana masyarakat pedesaan bisa mengakses manfaat ekonomi dan juga lapangan pekerjaan.

“Namun, harus ada pula semangat dan inovasi juga dari masyarakat dan pemerintah desa bersangkutan untuk menangkap peluang ini,” kata Irzani

Irzani menjelaskan, salah satu caranya dengan melakukan revitalisasi dan optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“BUMDes yang baik nantinya diharapkan dapat menjadi lembaga ekonomi yang menjadi kunci untuk memicu pergerakan ekonomi Desa ke depan,” terangnya

Lebih lanjut, Irzani menerangkan, di dalamnya terdapat aspek pemberdayaan secara utuh, tidak hanya pemberdayaan ekonomi, melainkan juga pembangunan kelembagaan, penguatan kapasitas SDM dan manajerial, pengembangan jejaring ekonomi dan hilirisasi ekonomi.

“Dengan peran BUMDes yang kuat maka bukan tidak mungkin bahwa Desa bisa menjadi kekuatan ekonomi daerah,” tuturnya

Irzani menambahkan, hal ini juga yang mendorong pemerintah pusat melalui
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
(Kemendes PDTT) terus berupaya giat menginisiasi pembentukan BUMDes
di Indonesia, termasuk di NTB.

Berdasarkan data Kemendes PDTT, pada akhir 2014, jumlah BUMDes hanya 1.022. Namun hingga akhir tahun 2017 meningkat menjadi 39.149 BUMDes.

“Kemudian pada 2018 tercatat sekitar 56% desa telah memiliki BUMDes. Sementara itu di NTB ada 1137 desa/kelurahan yang terdiri dari 995 desa dan 142 kelurahan,” pungkasnya (Red)

Comments

comments