Di Dompu, Lima Orang Meninggal Digigit Anjing Rabies

0
Keterangan Foto : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi (kanan) (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi mengatakan, jumlah kasus gigitan anjing dari bulan Agustus 2018 hingga saat ini sebanyak 527 kasus.

“Di Dompu sebanyak lima (5) orang meninggal dunia di Dompu karena rabies,” ujar Eka saat silaturrahim Wakil Gubenur NTB dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional tingkat Provinsi NTB, Rabu (6/2)

Ia menjelaskan, apabila digigit anjing secepatnya agar dicuci bekas gigitannya. Hal itu harus dilakukan minimal 15 menit dengan menggunakan sabun batangan dengan air mengalir.

“Setelah itu, barulah dilakukan perawatan luka dan suntikan vaksin. Dengan begitu akan membunuh virus rabies hingga 80 persen,” terangnya

Dikatannya, gejala pertama dapat berupa gejala umum seperti demam, sakit kepala, dan merasa letih. Kemudian bisa kehilangan nafsu makan, mual, rasa sakit atau mati rasa di area yang digigit dapat berlangsung selama 3-4 hari pertama.

“Orang yang digigit menjadi gelisah dengan hiperaktivitas yang ekstrem. Korban akan mengalami kejang otot semu dan kelumpuhan juga mungkin terjadi,” kata Eka menambahkan (Mn/M1)

Comments

comments