Atasi Pemadaman, PLN NTB Percepat Perbaikan Pembangkit

0
Keterangan Foto : Petugas PLN sedang memperbaiki pembangkit yang rusak akibat cuaca ekstrim (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Cuaca ekstrim yang melanda Lombok beberapa minggu terakhir, mengakibatkan beberapa jaringan distribusi PLN mengalami kerusakan. Hampir 60% pelanggan PLN di pulau Lombok harus mengalami padam.

Manajer Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah NTB, Taufiq Dwi Nurcahyo mengatakan, penanganan dilakukan dengan cepat oleh petugas PLN sehingga pasokan listrik dapat segera normal. Namun, tak hanya jaringan distribusi, ternyata ketersediaan pasokan listrik untuk pulau Lombok juga terganggu.

“Dua unit pembangkit besar kami mengalami gangguan, yaitu PLTU Jeranjang Unit 3 dan PLTU IPP di Lombok Timur , masing masing berkapasitas 25 MW. Jadi total 50 MW mesin kami harus keluar sistem. Penyebab kerusakan untuk masing masing unit sudah ditemukan. Saat ini kami sedang berusaha maksimal untuk melakukan perbaikan,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima MetroNTB.com, Senin (4/2)

Kondisi saat ini, kata dia besaran kebutuhan listrik di malam hari untuk Lombok mencapai 229 MW. Kapasitas pembangkit yang tersedia adalah 212 MW.

“Jadi ada selisih sebesar 17 MW antara kebutuhan dan ketersediaan,” tutur Taufiq

Sebelumnya, kapasitas pembangkit normal adalah sebesar 262 MW , sehingga sistem kelistrikan Lombok memiliki cadangan pembangkit yang cukup, yaitu sebesar 33 MW.

“Dikarenakan kondisi tersebut, dengan sangat terpaksa, kami harus melakukan pengurangan beban pada waktu malam hari, yaitu pukul 18.00-22.00 WITA. Sedangkan untuk pagi dan siang, Alhamdulillah pasokan listrik masih aman sehingga tidak perlu padam.”’, tutur Taufiq.

Pada periode waktu tersebut, dihimbau kepada masyarakat Lombok untuk menggunakan listrik seefisien mungkin. Estimasi perbaikan akan selesai pada pertengahan Februari 2019.

PLN memastikan akan melakukan berbagai cara untuk mempercepat proses pemulihan pembangkit sehingga pasokan listrik dapat kembali normal sesegera mungkin.

“Selain kondisi di atas, PLN juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera melaporkan apabila menemukan kondisi yang berpotensi mengakibatkan padam,” tegas Taufiq

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang harus dialami oleh pelanggan. Kami juga mohon doa dari seluruh pelanggan supaya proses perbaikan dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya (Red)

Comments

comments