Ribuan KPM PKH Ikuti Gebyar PKH 2019

0
265

Lombok Barat, MetroNTB.com – Ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dari 16 desa se-Kecamatan Gunungsari mengikuti Gebyar PKH 2019.

Acara yang diawali dengan senam bersama ini juga dihadiri Ketua TP-PKK NTB Hj. Niken Zulkieflimansyah, Ketua TP-PKK Lombok Barat Hj. Khairatun Fauzan Khalid, Kepala OPD Lombok Barat, Bulog NTB dan perwakilan LAZ Dasi NTB.

Selain itu, masyarakat juga mengikuti berbagai kegiatan yang sudah disiapkan seperti pemeriksaan kesehatan gratis, bazar, aneka lomba, dan pembagian doorprize.

Camat Gunungsari Mudasir mengatakan Gebyar PKH Gunungsari 2019 yang merupakan Gebyar pertama di Lombok Barat ini selain silaturahmi juga sebagai langkah menekan angka kemiskinan.

“Selain itu sebagai ajang silaturahim, kegiatan ini juga untuk memupuk semangat persatuan dan kesatuan bangsa, serta meningkatkan semangat dan kerjasama lintas sektoral terutama menekan angka kemiskinan di daerah,” tuturnya, Kamis (24/1).

PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTSM diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Selain itu, pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian tujuan pembangunan millenium. Lima komponen tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH diantaranya pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, Pendidikan Dasar, Kesetaraan Gender, Pengurangan angka kematian bayi dan balita serta Pengurangan kematian ibu melahirkan.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP-PKK NTB Hj. Niken mengapresiasi prestasi pemerintah yang telah mampu menurunkan kemiskinan. Niken mengatakan ada sekitar dua ribu penduduk yang keluar dari kemiskinan.

“Meskipun kita dilanda musibah gempa bumi belum lama ini. Allah SWT masih memberikan kita kesempatan untuk bangkit kembali. PKH di Gunungsari timnya hebat-hebat. Saya harapkan ibu-ibu harus sehat,  sehingga program PKH terus berlanjut dan berharap dapat disinergikan dengan kegiatan lain oleh Dinas Sosial,” ungkapnya.

Dirinya juga mengingatkan agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Sesuai perintah Presiden, pertama uang tersebut untuk pendidikan anak sekolah. Kedua untuk membeli kebutuhan makanan yang bergizi biar sehat dan cerdas. Dan yang ketiga untuk usaha atau modal usaha agar ada penghasilan tambahan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Lombok Barat Hj. Khairatun Fauzan Khalid tampak semangat memberikan dukungan kepada masyarakat yang hadir. Khairatun tampak antusias menghibur masyarakat dengan mengajak bermain dan memberikan doorprize.

“Kita harus lebih meningkatkan semangat dan motivasi untuk bangkit kembali pasca gempa. Dan pada program PKH diharap ke depan dapat memberikan manfaat besar untuk pendidikan, kesehatan dan tumbuhnya usaha ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Comments

comments