BMKG Himbau Masyarakat Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga 29 Januari

0
202
Keterangan Foto : Salah satu pohon tumbang akibat angen kencang di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Tengah (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Badan Meteorologi Kilamatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan peringatan dini cuaca di NTB tanggal 23 sampai dengan 29 Januari 2019.

Kepala Stasiun Metrologi Bandara Lombok Internasional Aiport, Nanang Buchori mengatakan, hal itu dilakukan berdasarkan analisis atmosfer yang menyebabkan tingkat penguapan dan pertumbuhan awan cukup tinggi yang menyebabkan wilayah NTB berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Tujuah hari kedepan wilayah NTB berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang, lebat, dan angin kencang pada siang hari hingga malam hari. Sehingga kita imbau masyarakat NTB untu tetap waspada,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diteriama, Selasa (22/1).

Disamping itu juga, BMKG mengimbau para nelayan dan warga pesisir pantai untuk waspada gelombang tinggi 4,0 sampai 6,0 meter diperkirakan dapat terjadi diselat Bali, Selat Lombok, dan selat alas bagian selatan.

Dijelaskannya, secara khusus BMKG melalui Tropical Cylon Warning Center (TCWC) tengan melakukan monitor adanya tiga bibit badai tropis di wilayah Indonesia.

“Salah satunya bibit siklon yang berada di laut timor (49S) berpotensi meningkat menjadi siklon tropis dalam tiga hari kedepan dan mengakibatkan cuaca ekstrem berupa agin kencang yang dapat mencapai 25 knot dibeberapa wilayah Indonesia termasuk wilayah NTB,” terangnya

“Masyarakat harus selalu waspada. Karena diperkirakan hujan disertai angin kencang dan gelombang tinggi akan terjadi,” pungkasnya. (Red)

Comments

comments