PBNU Sambut Gembira Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir Tanpa Syarat

0
256
Keterangan Foto : Sekertaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Sekjen PBNU) H Ahmad Helmy Faishal Zaini (MetroNTB/Man)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – PBNU menyambut gembira langkah pemerintah memberikan pembebasan tanpa syarat kepada Abubakar Ba’asyir.

“Kami sambut gembira dan memahami langkah pemerintah membebaskan Abubakar Ba’asyir,” kata Sekjen PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini, Sabtu (19/1) saat menghadiri Konferwil PWNU NTB di Lombok Tengah.

NU juga mengapresiasi Presiden Jokowi yang memberikan pembebasan tanpa syarat tersebut dengan alasan utama faktor kemanusiaan.

“Kami apresiasi Presiden Jokowi bahwa ini faktor kemanusiaan. Saya kira dengan proses yang panjang setelah yang dialami (Abubakar Ba’asyir), mudah-mudahan bisa bergabung dengan kelompok yang ada, kita ini NKRI,” tutur Helmy

Terkait tudingan sejumlah pihak yang menganggap pembebasan tersebut sebagai upaya politis semata, Helmy Faishal menyatakan silahkan saja politisi berpikir seperti itu.

Namun bagi NU, apapun itu tetap harus disyukuri, bahwa ada upaya untuk melakukan rekonsiliasi.

“Apa pun harus disyukuri bahwa ada upaya untuk melakukan rekonsiliasi. Agar tensi politik jangan terlalu tinggi agar jangan ada perpecahan di tengah masyarakat,” pungkasnya (Mn/M1)

Comments

comments