PBNU Sarankan KPU Konsep Debat Capres Jangan Terlalu Tegang

0
225
Keterangan Foto : Sekjen PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini (MetroNTB/Oji)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Putaran pertama debat Capres-Cawapres RI dinilai berjalan baik, namun masih sangat terlihat tegang.

Sekjen PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini menyarankan agar KPU membuat konsep debat yang lebih rileks ke depannya.

“Soal debat, dua pasangan sama-sama terlihat gerogi lah, karena baru pertama. Tapi kan masih ada empat lagi ya, kalau bisa konsepnya jangan tegang,” ujarnya saat menjawab wartawan Sabtu (19/1) saat menghadiri Konferwil PWNU NTB di Lombok Tengah.

Helmy mengatakan, debat harus dikemas lebih rileks. Misalnya outdoor sambil ngopi di tengah sawah.

“Misalnya capres dan cawapres di berugak, masyarakat di bawa. Ini kan bisa sambil promosikan bahwa Indonesia ini indah alamnya. Nggak usah tegang lah,” katanya.

Terkait penampilan para calon dalam debat, Helmi mengatakan, Jokowi yang sudah berpengalaman sebagai Walikota, Gubernur, dan Presiden tentu penguasaan lapangan dan data-data lebih matang.

Sementara Capres Prabowo, masih terlihat beberapa data yang disampaikan masih perlu dikoreksi.

Soal kontroversi yang sempat viral soal capres yang menyontek jawaban dari catatan di kertas, Helmi mengatakan hal itu sebagai hal yang wajar.

“Menurut saya Presiden nyontek sah-sah saja. Apalagi yang disampaikan soal data. Misalnya soal kemiskinan, kalau datanya tidak tepat kan malah tidak baik ya,” pungkasnya (M1/Mn)

Comments

comments