Lakpesdam NU Mataram Umumkan Juara Lomba Puisi “Andai Saja Aku Gusdur”

0
364
Keterangan Foto : Ketua Lakpesdam PC NU Mataram, Jayadi saat menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba puisi "Andai Saja Aku Gusdur" Fiki Riawan warga BTN Pagesangan Indah Mataram didampingi Sekertaris Lakpesdam Ibnu Zubair dan Ketua Panitia Pelaksana Lomba Herman Angin Daye (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Lembaga Kajian  Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PC NU Kota Mataram NTB bersama Gusdurian umumkan hasil lomba cipta karya puisi dengan tema “Andai Aku Jadi Gus Dus”, bertempat di Sekretariat Ampenan Mataram, Kamis (10/2)

Ketua Lakpesdam PC NU Kota Mataram, Jayadi menyatakan bahwa lomba cipta karya puisi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Haul Gus Dus ke 9 yang jatuh pada 9 Desember 2018 kemarin kegiatan lomba seperti ini  merupakan kegiatan tahunan Lakpesdam NU Kota Mataram bersama Gusdurian.

“Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 17-31 Desember 2018 kemarin dan baru sekarang bisa kita umumkan pemenangnya pada hari ini,” ujar Jayadi saat konferensi pers di kantor Lakpesdam NU Mataram, Kamis (10/1)

Dijelaskannya, peserta lomba cipta karya puisi Andai Aku Jadi Gus Dus dikuti oleh peserta dari berbagai daerah ada dari Papua hingga Sumatera. Sampai batas waktu penyerahan karya ada masuk sekitar 209 karya dan 119 naskah yang terverifikasi.

“Maka dari itu, berdasarkan hasil seleksi dan penilaian dari juri maka berhasil keluar pemenang naskah terbaik dari juara 1-3 hingga juara harapan 1-3,” tutur Jayadi

“Kami ingin melestarikan pemikiran Gus Dur melalui lomba puisi. Ini merupakan sebagai salah satu upaya secara berkelanjutan untuk menciptakan tunas-tunas baru Gus Dur dalam mengelola keberagaman yang ada dan bisa disinergikan untuk membangun kemajuan NTB ke depan,” lanjutnya

Selain itu, Lakpesdam ingin memastikan nilai-nilai seperti ketauhidan, kemanusiaan, solidaritas, kesetaraan, toleransi dan kesetaraan tetap terjaga dan dikembangkan oleh seluruh komponen anak bangsa.

“Itulah salah satu latar belakang dilaksanakan lomba puisi pada tahun ini. Gus Dur milik semua, semangat dan nilai dan pikiran yang diajarkannya tetap tumbuh di generasi muda sebagai salah satu modal menjaga keberagaman.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Herman Angin Daye menyampaikan, para pemenang lomba untuk juara 1,2 dan 3 mendapatkan piagam, uang pembinaan dan baju Gus Dur.

“Untuk juara 1 mendapatkan uang pembinaan 1,5 juta sedangkan juara 2 sebesar  1 juta dan Juara 3 sebesar  500 ribu serta piagam penghargaan dan baju gusdurian. Sedangkan untuk juara harapan juga mendapatkan piagam dan baju gusdurian,” kata Owner Kopi Kampung Rinjani

Selanjutnya, pngumuman pemenang lomba dibacakan langsung oleh  Sekretaris Lakpesdam PC NU Kota Mataram, Ibnu Zubaer.

Pemenang 1 atas nama Fiki Riawan warga BTN Pagesangan Indah dengan  judul puisi Andai. Pemenang 2 atas nama Ziadah Ziad warga Kekeri Timur Gunungsari dengan judul puisi Undang Undang Pluralis. Upemenang ke 3 atas nama Hasan Gauk warga Jerowaru Lotim dengan judul puisi Di senca dan satu lelaki andai aku jadi Gus Dur.

Untuk pemenang harapan 1 atas nama Lalu Sukrizal Watoni, warga Keruak Lotim dengan judul puisi Andai Aku Jadi Gus Dur dan harapan 2 atas nama Muhammad Daffa warga Banjar Baru Kalimantan Selatan dengan judul puisi seorang lelaki yang memimpikan kota kota lalu harapan 3 atas nama Khairunnisa warga Umbulharjo Yogyakarta dengan judul puisi Ajaran Gus Dus untuk Indonesia. (Mn/M9)

Comments

comments