Pasar Dasan Agung Mataram Akan Dijadikan Pasar Ber SNI

0
686
Keterangan Foto : Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Dra Hj Putu Selly Andayani (batik merah) didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, Lalu Alwan Basri saat mengunjungi pasar Dasan Agung Mataram 8 Januari 2018 (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Dra Hj Putu Selly Andayani mengatakan bahwa pihaknya bersama stakeholder sedang berupaya untuk menjadikan Pasar Dasan Agung Mataram menjadi pasar SNI.

“Kami bersama Dinas Perdagangan kota Mataram sedang mengupayakan sertifikat SNI untuk Pasar Dasan Agung Mataram,” ujarnya, kemarin (8/2)

Menurutnya, selama ini pasar rakyat tantangan terbesarnya, kumuh, becek, dan bau. Karena itulah, pemerintah daerah sedang memperjuangkan agar pasar-pasar rakyat ini setidaknya dapat menjadi tempat yang nyaman bagi pembeli agar pilihannya tidak penuh ke pasar modern.

“Dengan SNI, standar kebersihannya akan dijaga, kondisi pasar, los pasar, drainase jelas, airnya juga tetap mengalir,” kata Selly

Sementara ini, jelasnya sudah ada lima lapak yang dibantu oleh Dinas Perdagangan Provinsi untuk melengkapi kualifikasi ber SNI. Pasar ber SNI sedang dalam proses.

“Kalok sudah berada SNI secara otomatis pasar ini juga akan menjadi tujuan berbelanja wisatawan, terutama yang berwisata religi ke Islamic Center.
Jual sajadah ada, jual air zam-zam juga ada di sana. Pasar ini akan beroperasi memungkinkan 24 jam,” terangnya

Dinas Perdagangan, tambah Selly secara bertahap akan mendukung standarisasi pasar-pasar rakyat lainnya yang tersebar di Provinsi NTB.

“Berdasarkan hari ini, Pasar Dasan Agung sebetulnya tak jauh beda dengan pasar rakyat lainnya. Dari sisi kompleksitas jualannya, maupun penataannya,” punkasnya (Mn/M2)

Comments

comments