UNU NTB Belajar Penanganan Bencana Ke Sichuan Cina

0
351
Keterangan Foto : Rombongan UNU dan PWNU NTB saat menyampaikan presentasi di Universitas Sichuan soal penanganan bencana dan rekonstruksi (MetroNTB/Dik UNU NTB)

 

Mataram, MetroNTB.com – Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB belajar penangan bencana ke Provinsi Sichuan di China (RRT).

Rektor UNU NTB, Baiq Mulianah mengatakan, beberapa tahun silam Provinsi Sichuan Cina pernah dihantam gempa bumi tektonik berkekuatan 7.9 Magnitudo pada Mei 2008 silam.

“Namun saat ini, setelah 10 tahun berselang Sichuan justru menjadi salah satu Provinsi paling maju di China,” kata Rektor Universitas Nahdlathul Ulama Provinsi Nusa Tenggara Barat (UNU NTB), Baiq Mulianah di ruangannya Rabu (2/12)

Menurutnya, banyak hal yang bisa diambil pelajaran dari bagaimana pemerintah dan masyarakat Sichuan menangani bencana dan menyusun mitigasi yang terpadu dan menyeluruh.

“Ada banyak yang bisa kita pelajari dari Sichuan tentang bagaimana mereka menglola bencana,” kata Mulianah

“Mereka bisa cepat bangkit, melakukan recovery pasca gempa bumi 2008. Hanya dalam 3 tahun setelah bencana, Sichuan justru jadi sangat maju. Bahkan saat ini Universitas Sichuan ada prodi Manajemen Kebencanaan, ini satu-satunya di dunia,” pungkasnya (Mn/Mn)

Comments

comments