Road Map Pengembangan UIN Mataram

Foto : Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Prof Dr H Masnun, M.Ag (MetroNTB.com/Man)

Opini, MetroNTB.com – Hal pertama yang dilakukan dalam proses pengembangan UIN Mataram adalah menemukan core values yang diterjemahkan dalam visi dan misi univeritas.

Visi UIN Mataram adalah menjadi universitas yang berdaya saing internasional dengan integrasi keilmuan dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas, dan unggul.

Untuk mewujudkan visi tersebut UIN Mataram membulatkan tekad untuk selalu bisa mengikuti trend zaman. UIN Mataram memposisikan diri sebagai agent of change bersama perguruan tinggi lainnya di Nusa Tenggara Barat sehingga mimpi besar untuk merespon kebutuhan pasar 4.0, bahkan 5.0 dapat terwujud.

Oleh karenanya, system pendidikan dan pembelajaran harus berbasis digital, demikian pula dengan system administrasi akademik dan keuangannya. Hal ini bisa menjadi cikal bakal yang baik bagi merespon kebutuhan generasi milenial dan daya saing lembaga. Dengan demikian kurikulumnya juga harus didesain sesuai kebutuhan masyarakat.

Guna menjadi kampus up date dengan kondisi dinamika global UIN Mataram juga berusaha untuk meningkatkan jejaring kerjasama intenasional melalui riset, studi banding dan pertukaran mahasiswa bersama kampus-kampus terbaik dunia.

Sejalan dengan hal terdahulu riset-riset yang dihasilkan oleh para pendidik/Dosen hendaknya menghasilkan gagasan-gagasan inovatif dan bermanfaat untuk kepentingan publik, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat. Tidak lupa pula untuk terus menjadi institusi up date maka penguatan kelelmbagaan dan akselerasi mutu harus diijadikan prioritas sehingga berimplikasi pada peningkatan sumber daya manusianya.

Untuk mewujudkan berbagai harapan pengembangan isntitusi, UIN Mataram merumuskan beberapa misi yaitu : pertama, meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang inovatif dan berkualitas dengan berbasis horizon ilmu. Kedua, meningkatkan produktivitas dan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah berbasis horizon ilmu. Ketiga, meningkatkan relevansi pengabdian kepada masyarakat dengan pemecahan masalah sosial dan penguatan moderasi beragama.

Kempat, mengembangkan kerja sama nasional dan internasional dalam rangka penguatan kapasitas kelembagaan dan tridharma perguruan tinggi. Kelima, meningkatkan kualitas tata kelola kepemimpinan universitas yang dilandasi nilai-nilai good governance.

Besar harapannya semua pentelanggaraan proses pendidikan di UIN Mataram dapat terlaksana dengan baik dan UIN Mataram dapat terus menebar kemanfaatan dan kemaslahatan bagi pengembangan pengetahuan dalam skala nasional maupun global (red)

Penulis : Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Prof Dr H Masnun, M.Ag

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here