DPRD Lotim Dukung Langkah Bupati Akhiri Kontrak dengan PT NSL

Foto : Wakil Ketua DPRD Lombok Timur, Daeng Paelori (MetroNTB.com/Peri Padly)

Lombok Timur, MetroNTB.com – Wakil Ketua DPRD Lombok Timur, Daeng Paelori mendukung keputusan Bupati untuk mengakhiri kontrak kerjasama dengan PT Natura Samudera Lestari (NSL).

“Sejak awal sudah mengusulkan agar kontrak tidak diperpanjang kembali karena dianggap kotrak sama sekali tidak menguntungkan daerah,” kata Daeng, Senin 19 September 2022

Menurut dia, nilai kontrak sebesar 917.910.000 selama tiga tahun dianggap tidak rasional, jika dibandingkan dengan kemampuan OPD terkait yang diprediksi bisa mendatangkan PAD sebesar 1 miliar pertahunnya.

“Kalau dikelola OPD terkait bisa mendatangkan PAD 1 miliar dalam satu tahun, kalau OPD kreatif dan punya terobosan. Kita akan merasa puas mengelola sendiri sesuai kemampuan kita,” ungkap Daeng.

Daeng menilai peruntukan darmaga yang dikelola PT NSL itu tidak jelas. Pihak perusahan melakukan pembangunan dengan semaunya tanpa memperhatikan tata ruang yang ada di pelabuhan.

Dia juga menyoroti adanya kegiatan bongkar muat BBM yang diduga Ilegal ditengah kondisi Masyarakat yang kesusahan akibat kenaikan harga BBM.

“Dalam situasi kenaikan BBM, masyarakat sedang kesulitan, lalu tiba-tiba ada datang kapal membawa ratusan ribu liter BBM. ini kan menjadi pertanyaan ditengah masyarakat,” tutur dia

Daeng mengapresiasi Polairud yang tanggap menindaklanjuti laporan atas kejadian tersebut.

Dia meminta Polisi melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap BBM yang diangkut oleh kapal tersebut apakah bersubsidi atau tidak.

“Kalau itu BBM bersubsidi, itu kejahatan ekonomi  karena smestinya perusahaan terbut mestinya mengkonsumsi BBM non subsidi,” cetusnya

Selain itu, Daeng menyayangkan pelabuahan terkesan sangat eksklusif tanpa ada pengawasa, sehingga memungkinkan berlansungnya kegiatan-kegiatan ilegal di areal pelabuhan.

“Saya saja pernah tidak diizinkan masuk, apalagi masyarakat lain, masyarakat lain juga mengeluhkan itu kepada saya. Jadi kami DPRD sangat mendukung Bupati, bila perlu dipercepat prosesnya,” tegasnya

Pewarta : Peri Padly

Editor : Ambakti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here