STPI Nilai Lombok Barat Komitmen Tanggulangi TBC

Foto : STBI bersama Pertemuan pemerintah daerah dan CSO pada semiloka Isu TBC untuk memperkuat program TBC di Lombok Barat, Selasa (9/9/2022).

Lombok Barat – Direktur Eksekutif Stop TB Partnership Indonesia (STPI) dr Henry Diatmo mengatakan STPI berupaya untuk mendorong daerah bisa menanggulangi TBC.

“Artinya, kami sebagai organisasi masyarakat sipil mencoba membangun tata kelola penanggulangan TBC di daerah, sehingga ke depannya tidak lagi bergantung sama pusat baik pendanaan, program-program yang dilaksanakan,” kata saat diwawancara Info Indonesia usai menghadiri pertemuan pemerintah daerah dan CSO pada semiloka Isu TBC untuk memperkuat program TBC di Lombok Barat, Selasa (9/9/2022).

STPI menilai pemerintah kabupaten Lombok Barat salah satu daerah yang memiliki komitmen untuk menanggulangi TBC.

Dalam Perpres No 67 mengamanatkan yang tercantum pada pasal 24 terkait tanggungjawab pemerintah desa untuk penanggulangan TBC salah satunya yaitu menyediakan pendanaan kegiatan penanggulangan TBC dari beberapa sumber.

“Kita boleh menetapkan target eliminasi TBC di Lombok Barat tahun 2028. Harus ada inovasi yang dilakukan supaya target ini bisa tercapai,” jelasnya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Arief Suryawirawan menargetkan Lombok Barat bebas Tuberkulosis (TBC) tahun 2028.

“Kita targetnya bebas TBC 2028. Target nasional eliminasi 2030, tetapi dengan bantuan teman-teman STPI, inspirasi, global fan, saya yakin sebelum 2028 sudah selesai,” ungkap Arief

Dia mengatakan TBC merupakan penyakit menular yang bukan hanya masalah Dinas Kesehatan, tetapi perlu dukungan dari berbagai pihak agar dapat dituntaskan.

“Tren penemuan kasus TBC di Lombok Barat selama beberapa tahun terakhir masih dibawah target 70 persen,” tutur Arief

Dia merincikan pada tahun 2020 sebesar 30,36 persen. Untuk tahun 2021 mengalami kenaikan menjadi 34,20 persen.

“Sementara di tahun 2022 masih berjalan dan sudah mencapai 21 persen,” kata dia

“Namun, apabila melihat keberhasilan pengobatan pasien TBC dari tahun 2018-2021 dapat kita lihat semua di atas target 90 persen,” papar Arief (Upar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here