KPU Lotim Ajukan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar 61,5 Miliar

Foto : Ketua KPU M Junaidi saat menyerahkan RAB Pilkada Lombok Timur kepada Bupati Lombok Timur Sukiman Azmi (MetroNTB/Peri)

Lombok Timur, MetroNTB.com – Komisi Pemilihan Umum Lombok Timur mengajukan anggaran Pilkada 2024 mendatang sebanyak 61,5 Miliiar rupiah kepada Pemerintah Daerah Lombok Timur.

Usulan tersebut disampaikan ketua KPU Lombok Timur, M Junaidi kepada Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmi di Pendopo Bupati Lombok Timur, Selasa 2 Agustus 2022.

Pertemuan tersebut juga membahas tentang tahapan dan persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmi mengingatkan anggaran tersebut, nantinya dapat digunakan sebaik mungkin dengan mempersiapkan PPK, Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang berkualitas dari segi fisik, intelektua dan mental.

“Kami berpesan pada jajaran KPU agar nantinya dapat memilih PPS, KPPS yang berkualitas baik dalam aspek fisik, intelektual, dan psikologis. Tujuannya agar pemilihan dapat berjalan dengan lancar, aman dan terkendali,” pesannya

Sukiman mengatakan anggran yang diusulkan KPU Lombok Timur tersebut akan dianggarkan secara bertahap pada tahun 2023 sampai dengan 2024 nantinya.

Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur M. Junaidi  mengatakan berdasarkan Keputusan KPU RI nomor 21 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu, tahapan pemilu sudah dimulai tanggal 14 juni 2022 lalu.

Menurutnya, hal itu, sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017, yang dalam aturan tersebut digariskan pemungutan suara pada tahapan Pemilu sudah harus dimulai 20 bulan sebelum hari pelaksanaannya.

“20 bulan sebelum pemungutan suara tahapan Pemilu sudah harus dimulai,” jelas Junaidi

Dia menjelaskan 29 Juli 2022 lalu, telah diumumkan pembukaan pendaftaran dan verifikasi partai politik sampai 13 Desember 2022 mendatang sesuai berdasarkan PKPU nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu tahun 2024.,

“Jumlah pemilih di Kabupaten Lombok Timur mencapai 936.000 lebih, terhitung pada bulan Juli 2022,” terang Junaidi

Jumlah tersebut, tambahnya, jika diproyeksikan pada tahun 2024 dipastikan akan bertambah menjadi 1 juta lebih dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 4.321 pada pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dijdawalkan berlangsung pada November 2024 tersebut.

Menutup kegiatan tersebut, KPU Lombok Timur menyerahkan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Pilkada kepada Bupati Lombok Timur disaksikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Lombok Timur, Kepala Kesbangpoldagri, BKPSDM dan Kadis Dukcapil Kabupaten Lombok Timur (Per)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here