BI Dukung Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Gunakan QRIS

Foto : Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat, Heru Saptaji

Mataram, MetroNTB.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB mendukung Inovasi layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat, Heru Saptaji mengatakan pembayaran PKB menggunakan QRIS diharapkan dapat mendorong jumlah pengguna QRIS di Provinsi NTB.

“Bank Indonesia selalu mendorong inovasi pembayaran secara digital untuk menyatukan antara kebutuhan masa depan yang serba digital dan kebutuhan keuangan masyarakat. Dengan QRIS pembayaran menjadi cepat, mudah, murah dan handal,” ujar Heru

Pihaknya mencatat, hingga bulan Mei 2022 ada 163.109 merchant QRIS yang tersebar di seluruh pelosok NTB, dengan total pengguna sebanyak 100.351 pengguna dan rata-rata volume transaksi dalam 2 tahun terakhir mencapai 144 ribu transaksi per bulan.

“Melalui peresmian QRIS sebagai kanal pembayaran PKB ini, diharapkan jumlah pengguna QRIS di Provinsi NTB akan lebih tinggi lagi,” harap Heru

Untuk menyukseskan pembayaran pajak dan pembayaran lainnya menggunakan QRIS, dukungan sosialisasi kepada masayarakat tentunya perlu menjadi prioritas.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB juga akan terus mendorong penggunaan QRIS, dimulai dari pembayaran PKB untuk saat ini, untuk turut mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah Provinsi NTB.

“Tidak menutup kemungkinan, di masa depan pembayaran pajak lain juga akan bisa digunakan melalui QRIS,” ungkap Heru (Par)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here