PWNU NTB Masuk Klasifikasi A

Foto : Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat (PWNU NTB) melakukan sosialisasi hasil Konferensi Besar (Konbes) NU 2022, Minggu 12 Juni 2022

Mataram, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat (PWNU NTB) salah satu PWNU masuk klasifikasi A.

“Kita NTB ini masuk ke dalam klasifikasi A. Sehingga semua harus A, jangan sampai di bawah kategori A. Jadi harus A +,” kata Prof Masnun saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi hasil Konferensi Besar (Konbes) NU 2022, Minggu 12 Juni 2022

Ia menilai masuknya PWNU NTB dalam klasifikasi A menjadi berita baik sekaligus menjadi tantangan.

“Di satu sisi, ini adalah berita baik dan tantangan buat kita,” tutur Prof Masnun

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Wakteum PBNU) KH Nusron Wahid menyebutkan bahwa klasifikasi kalau istilah kampusnya adalah akreditasi.

“Jadi, nanti NU ini baik Wilayah, Cabang, MWC dan Ranting masuk dua (2) tahun akan dilaksanakan akreditasi. Ini pengurusnya kerja benaran atau tidak. Iya kan, bukan sekolah saja yang diakreditasi atau rumah sakit, tapi NU juga akan diakreditasi,” tuturnya

Ia menjelaskan dalam ART Bab 20 Pasal 72 ayat 2 mengatakan ‘berdasarkan kinerjanya, pengurus wilayah, pengurus cabang diklasifikasikan berdasarkan kelompok A,B dan C’.

“Jadi diukur kinerjanya. Sebetulnya amanat ini pernah dilaksanakan, pernah dituangkan dalam Konbes di NTB, tetapi tidak dilaksanakan. Karena itu, PBNU yang sekarang punya komitmen ingin melaksanakan ini,” terang Kiai Nusron (*)

Ia mengibaratkan seperti sepak bola, wilayah dan cabang dilingkungan NU dibagi dalam tiga Liga yaitu liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

“Liga 1 dianggap sebagai basis NU Kultural yang kuat. NU nya sudah mendarah daging, seandainya darahnya itu disilet keluar darah, darahnya itu membuat tulisan. Aswaja, Ahlussunnah Waljamaah. Tulisannya Nahdlatul Ulama,” katanya menambahkan (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here