PLN Dirikan Pondok Baca di Lombok Tengah

Foto : PLN Nusa Tenggara Barat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) membangun pondok baca di Dusun Sinta, Desa Batujai, Praya Barat, Lombok Tengah (MetroNTB/Ist)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Untuk meningkatkan minat baca dan menambah wawasan anak,  PLN Nusa Tenggara Barat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) membangun pondok baca di Dusun Sinta, Desa Batujai, Praya Barat, Lombok Tengah.

Berkolaborasi dengan kelompok pemuda setempat, Alam Daur, pembangunan pondok baca yang diberi nama “Pondok Baca Alam Daur” ini direncanakan akan selesai di bulan Juli 2022.

Manager PLN Unit Layanan pelanggan (ULP) Praya, Akhmad Muhari menyampaikan di era perkembangan teknologi yang cukup pesat,  tantangan untuk membaca buku saat ini sangat besar, terutama pada anak.

Untuk mengembalikan dan meningkatkan minat baca anak melalui pendidikan informal yang menjangkau sampai pelosok, sangat diperlukan kerja keras dan sinergi dari berbagai pihak.

“Semoga bantuan ini bermanfaat dan apa yang diberikan oleh PLN dapat dijaga sehingga kemanfaatannya berlangsung secara terus-menerus. Dengan minat baca tinggi, pengetahuan juga semakin tumbuh, kualitas SDM juga akan meningkat” ujar Muhari.

Pondok baca ini berdiri di lahan seluas 40 meter persegi. Total bantuan yang diiberikan di lokasi senilai 117 juta.

“Bantuan diberikan dalam bentuk pembangunan pondok baca dan juga buku,” tuturnya

Ketua Pemuda Alam Daur, Bukran mengungkapkan bahwa kelompoknya bertekad untuk menyediakan lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang anak-anak, sehingga mereka dapat mengembangkan rasa ingin tahu, bakat, dan kepekaan seni mereka dengan cara-cara yang asyik dan menyenangkan.

Bukran juga mengungkapkan terima kasihnya kepada PLN atas bantuan yang diberikan, membangun pondok membaca yang lebih baik.

“Kami sangat bersyukur atas bantuan ini. Kehadiran pondok baca ini adalah merupakan harapan dari anak-anak sekitar Dusun Sinte. Tentunya minat baca anak di dusun akan meningkat, karena sekarang fasilitas untuk membaca lebih nyaman,” ungkapnya

Bukran juga berharap, dengan fisik bangunan dan fasilitas yang lebih baik ini dapat meningkatkan jumlah peserta didik Kelompok Alam daur dan menjangkau daerah yang lebih luas.

Tak hanya di Lombok Tengah, PLN juga akan membangun pondok baca di Lombok Timur dan Lombok Utara dengan menggandeng kelompok pemuda setempat (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here