Masyarakat Diingatkan Teliti Memilih STB TV Digital

Foto : Pemasangan STB (MetroNTB/vTim Komunikasi Publik dan Edukasi Migrasi TV Digital/Wienda Parwitasari)

Mataram, MetroNTB.com – Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken WidiastutiKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan masyarakat Indonesia teliti dalam memilih Set Top Box (STB) untuk menangkap siaran TV digital.

Menurutnya, saat masyarakat membeli STB di pasaran, masyarakat agar membeli dan memilih STB bersertifikat yang terdapat logo Kominfo.

“Membeli Set Top Box atau STB harap hati-hati, di marketplace atau di toko-toko elektronik itu banyak sekali mereknya, apapun mereknya yang yang terpenting ada logonya Kominfo,” kata Niken saat Diskusi Publik Virtual dalam rangka sosialisasi Analog Switch Off (ASO) yang disiarkan secara live melalui channel YouTube resmi Kemkominfo TV https://youtu.be/ZrAflJ5dLX0, Minggu 12 Juni 2022

Niken ingin memastikan STB yang terdapat logo Kominfo merupakan STB yang telah mendapatkan bersertifikat. Ia menegaskan apabila masayarakt membeli STB yang pasaran baik melalui online maupun toko elektronik (offline), namun tanpa disertai Sertifikat (logo) Kominfo, maka STB itu tidak terjamin kualitasnya.

“Adanya logo Kominfo, itu artinya Set Top Box itu sudah lolos Uji Laik Operasi (ULO, red) Kominfo. Kalau tanpa tanda atau logo Kominfo, artinya Set Top Box itu kalau dipasang (dirangkai dengan televisi analog, red), belum tentu bisa nyambung,” tutur Niken.

“Banyak sekali STB yang beredar di pasaran yang kualitasnya buruk, yang tidak ada tanda logo Kominfo atau belum tersertifikasi. Harap teliti sebelum membeli,” sambungnya

Niken menjelaskan cara untuk mengetahui informasi tipe STB yang terverifikasi Kominfo. Sehingga mampu menangkap siaran TV digital dengan sempurna, dapat dicek melalui laman siarandigital.kominfo.go.id atau melalui aplikasi SIRANI yang tersedia di Android dan iOS (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here