KPI Provinsi Aceh Siap Sukseskan Program ASO

Foto Ilustrasi : MUX TRVI Bakung Bali (MetroNTB/Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital/Wienda Parwitasari)

Mataram, MetroNTB.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Provinsi Aceh menyatakan kesiapannya untuk mesukseskan program Analog Switch Off (ASO).

Demikian disampaikan oleh Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran (PIS) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Provinsi Aceh Ahyar dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Penerapan Perangkat TV Digital dan Set Top Box (STB), dalam Menghadapi Pelaksanaan ASO di Provinsi Aceh, Kamis 16 Juni 2022

Bimtek yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom, Ahyar menegaskan kesiapan Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh apabila sudah dilakukan penghentian secara total siaran TV Analog dan bermigrasi ke siaran TV Digital.

“Insya Allah, Aceh sudah siap kalau diberlakukan ASO,” tegasnya.

Ahyar meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), agar segera melaksanakan pemberlakuan ASO tanpa harus menunggu pendistribusian STB.

“Kalau boleh kami meminta agar Kominfo segera menghentikan siaran TV Analog, tanpa harus menunggu persentase distribusi Set Top Box atau STB untuk masyarakat,” pintanya

Ahyar menilai pemberian bantuan STB gratis bagi masyarakat atau Rumah Tangga Miskin (RTM) akan menimbulkan polemik dan akan menjadi kendal bagi penerpana ASO.

“Jadi tidak perlu menunggu tercapai hingga sekian persen capaian pendistribusian STB oleh penyelenggara Mux (Multiplexing) baru Aso dilaksanakan, karena harga STB itu tidak seberapa hampir sama dengan harga boster TV analog,” tuturnya

“Masyarakat kalau sudah bisa membeli televisi pastinya sudah mampu untuk membeli  STB,” kata Ahyar.

Sementara, Staf Khusus Menteri Kominfo Rosarita Niken Widiastuti dalam sambutannya, kembali mengimbau khususnya kepada masyarakat yang akan membeli STB untuk teliti dan memilih STB ataupun TV Digital, yang telah mengantongi sertifikat Kominfo.

“Saya mengimbau masyarakat (mampu, red), untuk yang memiliki STB secara mandiri dengan memastikan bahwa STB bersertifikat, yang sudah lulus Uji Laik Operasi atau ULO,” imbaunya

Niken menjelaskan berbagai hal terkait migrasi (peralihan) dari TV Analog ke TV Digital.

“Intinya, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan ada Analog Switch Off (ASO) ini,” tuturnya

Niken menilai ASO akan membuka peluang usaha bagi masyarakat terutama yang bergerak di bidang konten creator (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here