Kemenkominfo Jelaskan 11 Keunggulan TV Digital

Foto : IIlustrasi Tayangan Siaran TV Digital (MetroNTB/Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital/Wienda Parwitasari)

Mataram, MetroNTB.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mensukseskan program migrasi TV Analog ke TV Digital.

Analog Switch Off (ASO) amanat Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Staf Khusus Menteri Kominfo Rosarita Niken Widituti mengungkapkan 11 keunggulan TV digital, pada saat Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Penerapan Perangkat TV Digital dan Set Top Box (STB), dalam Menghadapi Pelaksanaan ASO di Provinsi Aceh, Kamis 16 Juni 2022

Adapun 11 keunggulan siaran TV Digital diantaranya gambar lebih bersih dengan tayangan yang memiliki kualitas dan suara lebih jernih.

“Suaranya lebih jernih bahkan lebih banyak mode suara yang disajikan selain stereo dan mono,” tuturnya

Siaran TV digital juga siarannya lebih banyak dan tentunya tidak berbayar atau gratis.

Dalam siaran TV Digital, lanjutnya tidak akan terjadi gambar yang berbayang, juga tidak terjadi adanya bintik-bintik seperti semut.

“Keunggulan lainnya adalah dengan siaran TV Digital kita bisa melakukan perekaman, yang bisa disimpan menggunakan hardisk eksternal plashdisk,” jelas Niken

Selanjutnya, dengan teknologi siaran TV Digital para orang tua dapat menggunakan fungsi control. Dalam siaran TV Digital terdapat fitur parental lock.

“Orang tua bisa memblokir program siaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan anak,” kata Niken

Selain itu, keunggulan lain siaran TV Digital adalah adanya siaran audio, siaran datacasting dan adanya penjadwalan program siaran.

“Nah, bagi masyarakat yang sudah punya pesawat TV Analog, TV-nya tidak perlu diganti, tapi cukup ditambah dengan perangkat penerima yang namanya Set Top Box atau STB,” tandas Niken

Saya mengimbau masyarakat untuk yang memiliki STB secara mandiri, dengan memastikan bahwa STBnya bersertifikat, yang sudah lulus Uji Laik Operasi atau ULO,” imbuhnya

Sementara, content creator Armadiyanto menjelaskan teknologi dan fitur STB dan TV Digital.

Menurutnya, terdapat beberapa peralatan teknologi canggih yang tertanam di perangkat baik di STB maupun TV Digital.

“Di TV digital ada fitur yang namanya EWS atau Early Warning System,” tuturnya

Lebih lanjut, Armadiyanto menerangkan bahwa EWS berfungsi sebagai tanda atau sinyal peringatan dini bencana alam.

“Itulah mengapa saat melakukan setting (pengaturan, red) TV Digital ataupun STB perlu memasukkan kode pos. Dengan fitur EWS tidak memerlukan sambungan internet,” imbuhnya.

TV Digital juga dilengkapi electronic program guide (EPG), personal video recording (PVR), time shiftdolby audio digital dan parental lock.

“Nah, untuk mendapatkan kualitas tampilan pada siaran TV digital, saya merekomded untuk menggunakan antena outdoor atau antena luar,” kata Armadiyanto menambahkan (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here