Ini Manfaat Program JKK dan JKM BPJS Ketenagakerjaan

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK NTB Adventus Edison Souhuwat
Foto : Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK NTB Adventus Edison Souhuwat (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Kepala BPJS Ketenagakerjaan NTB Adventus Edison Souhuwat mengungkapkan manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)

“Dengan iuran Rp 16.800/bulan, manfaat yang diperoleh, pertama, jika peserta mengalami kecelakaan kerja, dengan program JKK biaya perawatan RS akan dicover seluruhnya oleh BPJS,” ujarnya saat rapat koordinasi dan verifikasi data Petani dan Buruh Tani Tembakau se Pulau Lombok di Hotel Aston, Kamis 9Juni 2022

Kemudian, selama petani belum bisa direkomendasikan bekerja oleh dokter, maka selama setahun upahnya akan dibayarkan 100%.

“Jika lewat 12 bulan menurut dokter masih belum bisa kerja, maka akan diberi 50%,” tutur Adventus

Apabila karena kecelakaan mengalami cacat, lanjutnya akan diberikan santunan cacat. Jika peserta mengalami kecelakaan kerja hingga menyebabkan meninggal dunia, peserta akan diberikan 48 kali upah dan santunan berkala Rp 200.000 sebulan selama 12 tahun yang dibayar secara lunas.

Manfaat lainnya yaitu, dua orang anaknya akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan sekolah. Untuk tingkat TK-SD akan diberikan 1,5 juta rupiah, SMP 2 juta rupiah, SMA 3 juta rupiah dan Perguruan Tinggi 12 juta rupiah pertahunnya.

“Sehingga, totalnya 140 juta rupiah untuk dua orang anak,” terang Adventus

Sementara, program JKM manfaatnya yaitu jika peserta meninggal bukan karena kecelakaan kerja, maka akan mendapatkan santunan sebesar 42 juta rupiah dan anaknya juga diberikan beasiswa.

Edison menambahkan bahwa berdasarkan data, pekerja non-ASN di NTB yang telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah 100%.

“Harapannya ke depan tokoh agama lintas agama, guru ngaji maupun marbot juga mendapatkan perlindungan,” tandasnya (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here