DPR RI Nilai Migrasi TV Digital Upaya Pemerintah Cerdaskan Anak Bangsa

Foto : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) H Helmy Faisal Zaini menilai program migrasi TV Analog ke TV digital sebagai upaya pemerintah mencerdaskan anak bangsa (MetroNTB/De)

Mataram, MetroNTB.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) H Helmy Faisal Zaini menilai program migrasi TV Analog ke TV digital sebagai upaya pemerintah mencerdaskan anak bangsa.

“Migrasi TV analog ke TV digital adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa kita hindari,” ujar Helmy saat Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan penyerahan Bantuan Set Top Box (STB) dari Kominfo dan Komisi I DPR RI, Rabu 15 Juni 2022

Ia mengatakan TV Digital sebagai tuntutan adaptasi di tengah kemajuan dan teknologi. Selain itu TV Digital juga memiliki sejumlah kelebihan yang tidak didapatkan di TV Analog.

“TV digital  dapat menghemat pita frekuensi hingga 112MHz,” kata Helmy

Dijelaskan, ketersediaan frekuensi setelah migrasi siaran dari TV Analog ke TV Digital juga akan berdampak pada persiapan adopsi jaringan 5G di Indonesia.

“Ini merupakan aspek yang saya sebut sebagai adaptasi,” ujar Helmy

Selain itu, menyongsong era jaringan 5G, proses migrasi TV digital ini juga memicu masyarakat untuk bisa mendapatkan jaringan internet yang sangat cepat dengan 5G.

“Melalui TV Digital, masyarakat akan mendapat kualitas siaran gambar dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih,” tuturnya

“Tak hanya itu saja, pilihan saluran televisi yang bisa dinikmati juga tersedia lebih banyak,” cetus Helmy

Ia menambahkan, masyarakat juga bisa menikmati secara gratis, karena proses digitalisasi penyiaran ini dilakukan pada penyiaran tetap tidak berbayar.

“Ini sebagai bentuk negara hadir dalam proses pencerdasan bangsa,” kata Helmy menambahkan (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here