DPMPD Dukcapil NTB Targetkan Aplikasi SIP Tuntas Akhir Tahun

Foto : Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (DPMPD) Dukcapil Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan Aplikasi Sistem Informasi Posyandu (SIP) 100 persen Desember 2022 (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (DPMPD) Dukcapil Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan Aplikasi Sistem Informasi Posyandu (SIP) 100 persen Desember 2022.

“SIP desa dan kelurahan yang sudah menginput masih sebesar 69,45,”  ujar Kepala Dinas DPMPD Dukcapil NTB H Ashari, Rabu, 22 Juni 2022

Ia menerangkan Pokja Posyandu Desa/Kel yang belum mencapai 100% terbentuk di 1150 desa/kelurahan di NTB.

“Saat ini baru pada 979 desa/kel (85,13%),” kata Ashari

Ia menjelaskan progress terrendah ada di Kabupaten Sumbawa. Kondisi Ini perlu menjadi perhatian bersama khususnya bidang yang menangani, agar dapat melaksanakan terobosan-terobosan untuk pencapaian target tersebut.

Indikator penilaian lomba Posyandu tingkat Provinsi, beberapa aspek yang akan dinilai adalah aspek kelembagaan, regulasi, SIP,  SDM, Sapras penguatan kapasitas, pembiayaan, konvergensi, inovasi, ketrampilan dan pengetahuan.

“Output yang dihasilkan tidak beda jauh dengan penilaian tahun sebelumnya, sehingga indikator yang dipakai masih mengacu pada indikator thn 2021,” tutur Ashari

Selain itu, akan ditambah dengan beberapa aspek lainnya sesuai kebutuhan dan standar, beberapa diantaranya merupakan masukan dari Dinas Kesehatan, DP3AP2KB dan PKK serta aspek lain yang berkaitan dengan Pemberdayaan Masyarakat.

“Salah satunya adalah terkait penyediaan sarana prasarana posyandu yang mengacu pada standar antropometri yang telah dikeluarkan oleh Kemenrian Kesehatan,” papar Ashari

Ia menambahkan indikator ini akan menjadi acuan dan pedoman bagi Pemerintah Kabupaten/ Kota dalam menilai Posyandu Terbaik di masing masing Kabupaten/Kota untuk menjadi peserta Lomba Posyandu Tingkat Provinsi NTB Tahun 2022 (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here