Diskominfotik NTB Pastikan Kesiapan Data Penerima STB Gratis

Foto : elaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfotik NTB Baiq Nelly Yuniarti (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik), memastikan kesiapan data keluarga atau Rumah Tangga Miskin (RTM) yang akan mendapatkan bantuan Set Top Box atau STB gratis.

“Data keluarga miskin calon penerima STB gratis di NTB telah disiapkan,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfotik NTB Baiq Nelly Yuniarti

Untuk data penerima STB gratis, kata dia pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk kemudian tetap dilakukan update secara berkala.

“Selain itu, kami juga punya data keluarga miskin penerima bantuan NTB Gemilang. Data ini akan memperkuat data dari Dinas Sosial,” tutur Nelly

Mantan Sekretaris Perdagangan NTB itu memastikan kalau data yang dibutuhkan telah siap dan valid.

“Kalau terkait data keluarga miskin atau RTM, insya Allah NTB sangat-sangat siap,” tandasnya

Dalam rakor bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Kepala Daerah beberapa waktu lalu, Menkominfo menyatakan bahwa  koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan penyelenggara multiplexing (Mux) sangat dibutuhkan, untuk percepatan pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) peralihan siaran TV analog ke TV digital.

“Jadi peralihan dari TV analog ke TV digital atau ASO sudah berjalan mulai 30 April lalu, sedangkan untuk empat kabupaten/kota di Pulau Lombok NTB yang semula dijadwalkan pada tanggal tersebut ditunda, dalam arti proses ASO nya tetap berproses secara bertahap,” terang Nelly

Sehingga dalam proses ASO ini, , data keluarga miskin (RTM) telah disiapkan dan divalidasi sejak penetapan Undang-Undang Cipta Kerja, yang mengamantkan ASO pada Pasal 60 huruf a.

“Jadi terkait data yang dibutuhkan, kami bersama KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah, red) NTB dan pihak-pihak terkait lainnya terus berkoordinasi. Bahkan, kami sudah mengusulkan ke Pusat agar NTB diberikan kuota lebih,” kata Nelly menambahkan (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here