Diskominfotik NTB Ajak Media Sosialisasikan ASO

Foto : Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfotik NTB Baiq Nelly Yuniarti (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengajak media untuk bersama-sama mensosialisasikan Analog Switch Off (ASO) kepada masyarakat.

Demikian ajakan disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfotik NTB Baiq Nelly Yuniarti saat silaturrahmi dengan puluhan awak media di Auditorium Kantor Dinas Kominfotik NTB.

Nelly mengajak awak media memperkuat kolaborasi dan kerjasama ke depan, dalam menyampaikan pesan informasi positif kepada masyarakat dengan apa adanya.

“Sebagus apapun informasi namun tidak sampai ke masyarakat, maka tidak ada maknanya,” tuturnya

Nelly menekankan terhadap pentingnya kerjasama dengan media, dalam menyampaikan informasi terkait ASO atau peralihan siaran TV analog ke TV digital.

“Informasi ASO tak akan pernah dapat diketahui oleh masyarakat luas kalau tidak didukung pemberitaan media yang massif,” kata dia

Menurutnya, masyarakat akan tahu dan paham ASO kalau tidak diinfokan oleh media. Yang menjadi masalah nanti pada saat diberlakukan ASO dengan penuh atau siaran TV analog dihentikan total. Jika masyarakat tidak mengetahui utuh, masyarakat akan menyalahkan pemerintah.

“Ini menjadi tugas kita bersama untuk menginformasikan ASO ini ke publik. Tanpa bantuan dari teman-teman media, kami tidak akan bisa sendiri,” tutur Nelly

Ia berharap kepada seluruh media yang ada khususnya media lokal di NTB, untuk membantu pemerintah dalam digitalisasi penyiaran di Indonesia.

“Mari kita bersama-sama menyampaikan pesan dan informasi peralihan siaran TV analog ke digital ini kepada publik, terutama sekali teman-teman yang dari media online (daring, red), karena harus kita akui bahwa daya jangkau media online cukup besar dan luas,” ajaknya

Nelly mengingatkan waktu penghentian penuh siaran TV analog akan dilakukan tinggal empat bulan lagi, sesuai jadwal ASO Kementerian Kominfo yakni pada 2 November 2022 mendatang, pihaknya berharap agar segenap unsur yang ada khususnya di NTB, untuk menginformasikan terkait ASO kepada masyarakat.

“Ini kami berharap sekali, ya tentunya informasi yang disampaikan tentang positifnya beralih ke siaran TV digital yang memang banyak manfaatnya,” ungkapnya

Selain itu, Nelly menambahakn masyarakat akan menerima tampilan gambar yang bersih dan suara yang jernih tanpa noise.

“Dengan TV digital juga para orang tua juga bisa melakukan fungsi kontrol terhadap anak, dengan adanya fitur parental lock,” tambahnya (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here