LPEI Terus Perkuat Tata Kelola Lembaga

Foto : Foto dari kiri : Peter Umar, Inspektur II Kemenkeu RI Nyoman Gede Suraja, Head of Audit LPEI Chesna F Anwar, Direktur Kelembagaan LPEI, Rijani Tirtoso, Direktur Eksekutif LPEI, Awan Nurmawan Nuh, Irjen Kemenkeu, D. James Rompas, Dewan Direktur LPEI, Rahman Ritza, Widyaiswara Pusdiklat Kemenkeu RI, Setiawan Basuki, Inspektur IV Kemenkeu RI, Wahyu Wibowo, Head of Compliance, HR & TO (MetroNTB/Ist)

Jakarta, MetroNTB.com – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terus melakukan penguatan terhadap aspek internal termasuk tata kelola lembaga.

Sebagai special mission vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI dalam mendukung peningkatan ekspor nasional melalui pembiayaan, penjaminan dan asuransi serta jasa konsultasi, LPEI harus menjalankan kegiatannya dengan selalu memperhatikan tata kelola yang baik atau Good Corporate Governance (GCG).

Direktur Eksekutif LPEI, Rijani Tirtoso dalam rangka memperkokoh aspek tersebut, LPEI melakukan audiensi dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan RI (Itjen Kemenkeu RI), Selasa 11 Januari 2022.

Tema strategis LPEI di tahun 2022 ini adalah Extended Regain Our Footing atau penguatan kembali mandat lembaga, sehingga tata kelola lembaga menjadi hal yang cukup krusial untuk kami pertajam.

“Audiensi dengan Itjen Kemenkeu RI tentu akan memperkaya insight kami terkait dengan hal tersebut,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima

Kunjungan LPEI diterima langsung oleh Inspektur Jenderal Kemenkeu RI, Awan Nurmawan Nuh beserta tim.

Pada pertemuan itu Itjen berharap bahwa LPEI mampu menjaga mandat yang diberikan oleh Pemerintah dengan baik.

“Kerjasama kedua institusi ini juga telah terjalin sebelumnya terkait dengan tata kelola dalam hal Whistle Blowing System (WBS) yaitu penggunaan aplikasi WiSe,” kata Rijani

Sejalan dengan inisiatif strategis lembaga tahun 2022, audiensi tersebut merupakan wujud nyata LPEI berkolaborasi dengan instansi terkait guna melakukan penerapan tata kelola yang baik.

Hal ini telah disampaikan Direktur Eksekutif LPEI sebelumnya pada press statement pada tanggal 7 Januari 2022 yang lalu.

“Guna perbaikan terus menerus, LPEI secara intensif berkonsultasi dan membangun kerja sama dengan regulator, pengawas dan aparat penegak hukum untuk mendorong LPEI menjadi lembaga yang bersih dan dipercaya dalam menjalankan program kerja sesuai mandat dalam undang-undang,” kata Rijani menambahkan (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here