Buruan Daftar ! MAN-PK 2 Mataram Siapkan Beasiswa Full Sampai lulus

man 2 mataram

Mataram, MetroNTB.com – Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN- PK) 2  Mataram melakukan sosialisasi pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) tahun ajaran 2022/2023.

Pelaksanaan sosialisasi SNPDB mulai tanggal 3 Januari hingga 14 Februari 2022 dan lingk yang disediakan www.man2mataram.net.id info@man2mataram.sch.id serta bagi yang sudah lulus nanti mendapatkan beasiswa Full sampai lulus serta mendapatkan uang bulanan sebanyak Rp 750.000.

“Kami mulai melakukan sosialisasi SNPDB 2022/2023 mulai tanggal 3 Januari- 14 Februari 2022,” kata Kepala MAN 2 Mataram, H Lalu Syauki

Selain itu, Kementerian Agama memberikan beasiswa penuh bagi siswa yang berhasil lolos seleksi dan masuk dalam Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK).

“Untuk siswa baru MAN PK akan mendapat beasiswa sampai lulus, sehingga orang tua tidak lagi memikirkan biaya hidup di asrama,’’ tuturnya

Dikatakan lebih lanjut, setelah melakukan sosialsiasi kemudian dilanjutkan dengan Pendaftaran online jalur tes dimulai tanggal 10 Januari-14 Februari mendatang.

“Kemudian untuk pendaftaran jalur prestasi dimulai tanggal 10 Januari sampai tanggal 7 Februari 2022,” terang Syauki

Menurutnya, yang paling masif dalam sosialisasi di era Pandemi covid-19 ini melalui Media Sosial (Medsos). sebab di era yang serba canggih ini tentunya paling cepat medsos.

“Kita akan masifkan sosialisasi melalui Medsos terkait SNPDB MAN-PK 2 Mataram tahun ajaran 2022/2023,’’ ujarnya

Terkait dengan seleksi melalui jalur tes direncaakan dengan dua pola diantaranya tec CBT dari rumah kemudian tes wawancara dilakukan dengan tatap muka.

‘’Nanti pola yang keduanya ini kita lakukan yang terpenting mengikuti protokol kesehatan,’’ kata Syauki

Sedangkan, untuk tes jalur prestasi ada beberapa yang diakui dan tingkat Provinsi yang terendah seperti juara MTQ tingkat Provinsi baru bisa diakomodir. Kemudian Lomba Musabaqah Qiroatul Kutub tingkat Provinsi dan Nasioal.

Untuk diketahui, kouta seperti tahun lalu yakni 24 putra dan 24 putri sehingga total yang diterima di MAN-PK 2 Mataram sebanyak 48 peserta didik.

“Kuotanya sebanyak 48 peserta didik terdiri dari 24 putra dan 24 putri yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Dan seleksinya sangat ketat,” akunya

Program MAN-PK ini tidak lain untuk menyiapkan Generasi cemerlang dengan kemampuan agama yang baik hajatan besar yang ingin diwujudkan Kementerian Agama melalui Madarasah Aliyah Negeri (MAN) yang tersebar ditanah air.

MAN PK atau Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan di Indonesia mencapai 10 unit dan satu diantaranya berada di MAN 2 Mataram.

Seleksi SNPDB di MANPK ini tidak memakai nilai raport tapi ada tes potensial akademik (TPA) dan tes potensi bakat (TPB). SNPDB ini sudah dilakukan sosialisasi dan jadwalnya sudah ditentukan dari pusat.

“Para peserta didik ini bersaing ketat dengan seleksi ketat dengan potensi bakat dan potensi akademik secara online. Tes Potensi Akademik berupa matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab,” imbuhnya.

Bagi santri-santriwati  MANPK ini akan di bording (diasramakan) selama menempuh pendidikan yang berlokasi di MAN 2 Mataram. Bahkan mereka melakukan kajian keislaman dimalam hari, kitab kuning, tahfiz dan lainnya.

“Para lulusan MANPK ini nantinya diharapkan menjadi calon – calon ulama. MANPK ini akan melahirkan calon-calon ulama ternama,’’ kata Syauki menambahkan (red)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here